Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Tidur Siang dan Pola Tidur Terbaik untuk Kesehatan

 

manfaat tidur siang

Ada banyak sekali manfaat tidur siang. Apalagi untuk orang-orang yang letih bekerja di siang hari, dan mengakibatkan tubuh memiliki kecenderungan untuk beristirahat. Selain menyegarkan baik menyegarkan tubuh secara fisik, tidur siang juga membuat mental kita kembali baik. Namun, perlu juga bagi orang-orang memperhatikan pola tidurnya.

Mendapat waktu tidur yang cukup merupakan impian dari banyak pekerja maupun mahasiswa. Sensasi dimana setelah mendapat waktu tidur yang cukup akan membuat orang tersebut merasa harinya akan baik yang mengakibatkan semangat untuk menjalani hari. Tidak jarang, waktu istirahat di kantor dibuat menjadi waktu tidur siang.

Disamping itu, banyak juga oknum-oknum yang memanfaatkan waktu kerja untuk tidur siang sehingga membuat tidur siang itu salah. Disamping hanya untuk mencukupi waktu tidur, banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa tidur siang memiliki berbagai manfaat lain dan pengaruh yang sangat baik untuk kesehatan seseorang.

 

manfaat tidur siang

 

Pentingnya dan Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan Anda

Untuk Kamu yang sering tidur siang, Kamu memiliki keunggulan dari orang lain yang tidak dimiliki orang yang tidak tidur siang. Namun sebagai catatan, tidur siang yang baik adalah yang tidak menganggu waktu yang seharusnya digunakan untuk kegiatan lain, contohnya waktu kerja. Lalu apa saja manfaatnya?

  1. Meningkatkan daya ingat

Banyak penelitian yang telah dilakukan dan menunjukkan bahwa salah satu dari manfaat tidur siang adalah dapat meningkatkan daya ingat. Hal ini bisa terjadi karena otak diistirahatkan selama tidur, dan membuat otak kembali segar dan dapat mengolah ingatan-ingatan yang masuk sebelum tidur tersebut melalui peristirahatan sebentar.

  1. Memperbaiki Mood

Suasana hati lagi buruk? Tidur siang saja! Tidur siang akan sangat membantu untuk memperbaiki suasana buruk menjadi baik. Dengan tidur siang, pikiran yang jernih akan membantu untuk memulihkan pikiran yang membuat gundah di hati anda. Jadi, jika sedang bad mood, tidur siang akan membantu hati anda.

   3. Menambah kreatifitas

Pikiran yang fresh akan membuat otak menjadi lebih kreatif. Percaya atau tidak, setelah bangun dari tidur siang, faktor istirahat yang sebentar ini membuat otak menjadi lebih mudah untuk memikirkan hal-hal baru dan imajinatif. Penelitian dari University of California juga telah menemukan manfaat tidur siang yang ini. 

   4. Baik Untuk Kesehatan Jantung

Berdasarkan studi penelitian, faktanya tidur siang dapat meningkatkan kualitas jantung dan menstabilkan detak jantung anda. Hal ini bisa terjadi karena istirahat akan menurunkan tekanan darah dan mengurangi tekanan psikologis yang membuat detak jantung menjadi lebih cepat. Akibatnya, dengan tidur siang, darah akan stabil dan menyehatkan jantung.

Pola Tidur yang Baik untuk Kesehatan

Setelah mengetahui manfaat tidur siang yang baik untuk kesehatan, pola tidur juga harus diperhatikan. Pembagian jam-jam tidur akan membantu Kamu untuk memperoleh kualitas tidur yang tinggi. Umumnya, jumlah waktu tidur yang paling baik adalah 6-8 jam. Hal ini agar dapat memfungsikan tubuh dengan baik.

Sebagai catatan, waktu tidur juga bergantung kepada usia, anak-anak biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk tidur. Namun, waktu terbaik agar pola tidur terjaga adalah dari pukul 22.00-06.00. Hal ini dikarenakan, sebagian internal otak kita telah beristirahat pukul 10 dan kreativitas dan semangat dimulai dari pukul 6.

Sebagai seorang manusia, tentunya beristirahat adalah hal wajib untuk dilakukan. Tidur siang pada jam-jam yang tidak menganggu pekerjaan akan meningkatkan performa kerja Kamu pada saat Kamu bangun tidur. Namun, selain manfaat tidur siang yang banyak, pola tidur yang baik juga harus diperhatikan untuk menunjang keseharian.

 


 


Posting Komentar untuk "Manfaat Tidur Siang dan Pola Tidur Terbaik untuk Kesehatan"