Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Vertigo dan Apa saja Gejala dari Vertigo?

 

 

vertigo

 

Mungkin masih banyak yang asing dengan istilah vertigo, jadi untuk memastikan Kamu bukan pengidap vertigo, sebaiknya cari tahu tentang gejala dari vertigo terlebih dahulu dan segera lakukan langkah-langkah yang tepat. Pasalnya, vertigo bukan hal yang sembarangan. Vertigo dapat menyebabkan kematian dalam kondisi-kondisi tertentu.

Vertigo sebenarnya bukan sebuah penyakit, hanya saja ini merupakan masalah pada telinga bagian dalam atau biasa disebut dengan sistem saraf pusat. Ini membuat rasa pusing yang tidak biasa. Pusing pada vertigo ini membuat penderitanya merasakan berputar dibarengi dengan suara berdengung yang terus-terusan sehingga sangat menganggu.

Salah satu cara untuk mencegah timbulnya vertigo adalah dengan tidak melakukan gerakan tiba-tiba. Karena kita tahu bahwa efek kejut ke tubuh bagi seseorang akan membuat pandangan menjadi gelap dan pusing. Jika seseorang telah mengidap vertigo yang tingkatannya parah, ini membuat kesulitan beraktivitas dan waktunya bisa berhari-hari.

 

Beberapa Macam Gejala dari Vertigo

Sering merasa pusing? Jangan anggap remeh pusing tersebut. Bisa jadi pusing yang terjadi pada Kamu merupakan vertigo yang jika tidak ditangani akan membuat situasi lebih parah. Jadi, lebih baik Kamu mencari tahu terlebih dahulu tentang gejalanya dan memeriksanya apakah gejala tersebut ada di diri anda.

  1. Bunyi tidak mengenakkan pada telinga

Vertigo merupakan gangguan pada telinga. Jadi, segala sesuatu pasti ada kaitannya dengan telinga. Bagi penderita vertigo, akan sangat sering mendengar bunyi yang berkepanjangan didalam otak yang tidak terdengar oleh orang lain.

  1. Sering merasa akan jatuh

Apakah Kamu sering merasakan sensasi seperti jatuh tapi nyatanya tidak? Itu merupakan salah satu gejala dari vertigo. Jadi, jika Kamu sering mengalami ini, lebih baik Kamu untuk segera memeriksanya ke dokter karena ini bukan masalah remeh

  1. Tubuh tidak seimbang

Perlu diketahui bahwa telinga merupakan yang menjaga keseimbangan kita. Jadi, dengan adanya gangguan pada telinga berarti tubuh menjadi kehilangan kestabilannya. Jika mengalami hal ini, langsung duduk agar Kamu tidak benar-benar terjatuh

  1. Sakit kepala dan pusing tidak biasa

Ya, pusing merupakan gejala paling umum bagi penderita vertigo. Namun, untuk para penderita vertigo, pusing ini tidak biasa karena akan membuat semuanya menjadi gelap, serta dibarengi dengan sensasi berputar.

Bagi para penderita vertigo ringan, gejala ini akan bertahan selama beberapa jam saja. Namun jika tidak ditangani, gejala ini akan muncul lagi dan lagi. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika Kamu memiliki gejala diatas langsung menghubungi dokter.

 

Pengobatan Vertigo yang bisa Dilakukan

Perlu dicatat bahwa vertigo bukan merupakan penyakit. Meskipun kebanyakan kasus vertigo dapat sembuh sendirinya, jangan membuat ini menjadi sesuatu hal yang remeh. Ini karena vertigo dapat memunculkan penyakit lainnya. Dan juga, ketika sedang mengalami gejala vertigo, usahakan jangan keluar rumah karena akan membahayakan.

Bahaya Vertigo seperti ketika mengendarai kendaraan. Ketika vertigo kambuh, resiko kecelakaan akan sangat tinggi. Kasus-kasus lainnya juga masih banyak yang melibatkan vertigo. Untuk vertigo yang rungan dapat diobati dengan pijitan halus pada daerah sekitar kepala, meminum campuran apel dan madu, serta harus tetap terhidrasi dengan minum air putih.

Lain halnya dengan vertigo yang sudah parah. Ketika vertigo telah bertahan berhari-hari, alangkah baiknya agar langsung menghubungi dokter untuk diperiksa. Beberapa pengobatan yang biasanya dilakukan dokter adalah:

  1. Manuver Epley

Manuver Epley merupakan gerakan-gerakan yang biasanya digunakan untuk mengatasi vertigo

  1. Terapi Rehabilitasi Vestibular

Terapi ini banyak dilakukan untuk keadaan telinga yang bermasalah. Melalui terapi ini, telinga akan terbiasa untuk mendengar sinyal aneh dari telinga itu sendiri dengan tujuan tidak menganggu manusia.

  1. Obat-obatan

Meskipun vertigo bisa sembuh dengan sendirinya tanpa pertolongan medis, Kamu harus ingat bahwa vertigo ringan hanya bertahan selama satu jam lebih. Jika sudah terlalu lama, Kamu sebaiknya langsung memeriksa kedokter. Adapun gejala dari vertigo yang lain harus diperhatikan agar Kamu tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.



Posting Komentar untuk "Apa itu Vertigo dan Apa saja Gejala dari Vertigo?"