Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asma Kambuh? Begini Cara Mencegah Asma Kambuh yang Sederhana

 

mencegah asma

Penyakit asma merupakan penyakit yang bisa secara tiba-tiba kambuh, dan itu mengakibatkan pengidapnya harus mencari tentang cara mencegah asma kambuh. Penyakit yang dibilang sebagai faktor genetik ini tidak dapat sembuh total. Lalu, penyebab kambuhnya asma juga beragam dan tidak pasti sehingga pengidap asma harus berhati-hati.

Asma merupakan kondisi dimana saluran udara didalam tubuh menyempit dan kemudian membengkak yang membuat udara sulit mengalir. Hal ini menyebabkan kesulitan bernafas dan pada saat menghirup udara, muncul suara yang menandakan seorang itu sedang mengalami asma kambuh. Serangan asma ini ada yang ringan dan yang parah.

Bagi Kamu pengidap penyakit asma, meskipun penyakit ini tidak dapat disembuhkan, Kamu masih dapat mencegah kambuhnya penyakit ini dengan langkah-langkah yang tepat. Kamu harus tahu terlebih dahulu tentang penyebab kambuhnya asma Kamu karena penyebabnya berbeda-beda di setiap orang. Jadi, silahkan disimak artikel ini.

 

Cara Mencegah Asma Kambuh yang Sederhana

Pengidap penyakit asma memiliki saluran pernafasan yang lebih sensitif sehingga ketika ada sesuatu yang dapat memicu kambuhnya asma, paru-paru dan otot pernafasan akan terkena iritasi. Asma dipercaya dapat kambuh karena terhirupnya asap roko, bulu hewan, hingga emosi. Namun, belum ada penyebab pasti sehingga Kamu harus mencegahnya.

  1. Jauhi Alergen

Bagi seorang pengidap asma, sangat penting untuk Kamu agar mengetahui alergi anda. Setelah itu, hindari hal-hal yang berkaitan dengan alergi Kamu tersebut. Sebanyak 80% pengidap asma pasti memiliki alerginya masing-masing. Sehingga untuk Kamu yang memiliki asma sebaiknya memeriksa alergi anda.

  1. Hindari Polusi Udara

Asap baik dari pabrik, rokok, atau asap lainnya hanya akan membuat situasi penderita asma memburuk. Oleh karena itu, salah satu mencegah asma kambuh adalah menghindari asap yang tercemar. Jadi, sebaiknya selalu gunakan masker agar tidak menghirup polusi yang ada di lingkungan anda.

  1. Membersihkan Rumah

Sebagai tempat yang paling sering Kamu berada, lingkungan rumah harus selalu bersih. Pasalnya banyak debu dan kotoran yang tertinggal di rumah jika lama tidak dibersihkan. Kotoran ini lah yang nantinya dapat menyebabkan asma kambuh.

  1. Mengonsumsi Obat dari Dokter

Jika Kamu ingin meminimalisir resiko timbulnya asma, coba periksa ke dokter. Dokter pasti akan merekomendasikan produk kesehatan agar mencegah serangan asma. Namun perlu diingat bahwa untuk mengonsumsinya juga harus mengikuti saran dari dokter.

  1. Hindari Merokok dan Minum Bir

Sadarkah Kamu bahwa asma juga dapat dipicu karena pola hidup yang tidak sehat? Asma juga memiliki kaitan dengan pola hidup yang tidak sehat, seperti merokok dan minum minuman beralkohol. Berhenti merokok dan minum bir adalah salah satu cara terbaik agar mengurangi gejala asma.

 

mencegah asma

 

Olahraga yang Cocok untuk Pengidap Asma

Banyak yang menganggap seorang pengidap asma tidak boleh berolahraga. Tetapi pada kenyataannya, ada beberapa olahraga yang baik untuk mencegah asma kambuh. Meskipun olahraga dianggap membuat kelelahan dan meningkatkan resiko sesak nafas, ternyata tidak semua seperti itu. Olahraga yang cocok adalah:

  1. Yoga

Kualitas hidup pengidap asma dapat ditingkatkan dengan berolahraga. Yoga merupakan salah satu olahraga yang bagus untuk kesehatan. Selain tidak begitu melelahkan, yoga dapat menstabilkan detakan jantung sehingga melatih pernafasan.

  1. Bersepeda

Tidak ada olahraga yang baik jika terlalu dipaksa. Bersepeda meskipun sangat baik untuk dilakukan, tetap saja kelelahan akan membuat asma kambuh. Tapi jika sekedar berkeliling dengan sepeda, sangat baik untuk kesehatan jantung sehingga dapat mencegah asma kambuh.

  1. Berenang

Berenang merupakan salah satu olahraga yang paling direkomendasikan bagi pengidap asma. Udara yang dihirup jauh lebih bersih di air. Jadi berenang dapat membantu menetralisir debu penyebab asma.

Pengidap asma di dunia telah banyak. Yang harus dilakukan adalah mencegahnya karena belum ada pengobatan yang dapat secara 100% menyembuhkan penyakit ini. Satu-satunya cara adalah mencari alternatif lain agar tidak kambuh. Jadi, mencari cara untuk mencegah asma kambuh dapat dilakukan dengan berbagai cara termasuk dengan berolahraga.

 

 



Posting Komentar untuk "Asma Kambuh? Begini Cara Mencegah Asma Kambuh yang Sederhana"