Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menanam Pola Hidup Sehat untuk Menghindari Penyakit Diabetes

 

no sugar

Banyak orang yang berusaha keras untuk menghindari penyakit diabetes. Karena sekali terkena penyakit ini, akan sangat sulit untuk sembuh secara total. Penderita penyakit ini juga tiap tahun selalu meningkat. Jadi, Kamu harus menanamkan pola hidup yang sehat agar tidak terkena diabetes di masa depan.

Penyakit diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya gula darah pada tubuh manusia. Gula darah merupakan sumber energi utama bagi manusia, namun dengan jumlah yang terlalu banyak akan menimbulkan gangguan organ tubuh. Jenis-jenis diabetes juga terdiri dari berbagai macam, diabetes autoimun dan diabetes tipe-2.

Saat ini, diabetes telah menjadi masalah kesehatan global yang semakin memprihatinkan dunia. Lebih dari 400 juta pasien dari seluruh dunia sedang berjuang untuk memerangi diabetes di tubuhnya. Bahaya dari diabetes turut menghantui pikiran mereka. Untuk itu, sebelum terkena penyakit ini, alangkah baiknya untuk mencegahnya dulu.

 

Cara Mencegah dan Menghindari Penyakit Diabetes

 

Tentu Kamu harus bersyukur karena masih diberi kesehatan dan masih tidak berkontak dengan diabetes. Penyakit diabetes memiliki sejumlah perhatian khusus untuk bisa sembuh dari ini. Pencegahan merupakan yang paling baik daripada harus berjuang sembuh dari diabetes. Lalu langkah-langkah untuk terhindar dari diabetes antara lain:

  1. Mengonsumsi Makanan dan Minuman yang Sehat

Pola makan yang baik adalah langkah yang paling tepat bagi Kamu yang tidak ingin mengalami diabetes. Pilih makanan yang sehat seperti makanan yang memiliki serat yang tinggi, kalori, dan rendah lemak seperti sayur-sayuran dan kacang-kacangan agar resiko terkena diabetes terminimalisir.

Sebaiknya, hindari makanan yang memiliki gula yang tinggi, kadar lemak yang tinggi, hingga makanan kalengan atau cepat saji. Hal ini juga berlaku terhadap minuman. Jangan terlalu sering mengonsumsi minuman bersoda dan sebaiknya sering mengonsumsi air putih.

  1. Sering Berolahraga

Rutin olahraga merupakan langkah untuk menghindari penyakit diabetes. Olahraga dapat membantu untuk meningkatkan hormon insulin yang membuat kadar gula menjadi lebih terkontrol. Sering berolahraga juga mengurangi dan menurunkan berat badan yang mana merupakan salah satu faktor dari diabetes.

  1. Mengurangi Berat Badan

Berat badan yang berlebih juga dapat membantu mencegah penyakit diabetes. Apalagi jika Kamu tergolong sebagai penderita obesitas, resiko terkena diabetes akan meningkat. Berat badan ideal dapat diukur melalui kalkulator Body Mass Index (BMI).

  1. Tidur yang Cukup

Selain untuk memaksimalkan kinerja otot pada tubuh, tidur yang cukup ternyata dapat menurunkan resiko terkena diabetes, terutama diabetes tipe-2. Dengan cukup tidur, hormon yang menyebabkan stress akan berkurang. Karena kita tahu bahwa stress juga dapat menyebabkan diabetes.

 

no sugar

 

Ancaman yang Disebabkan Penyakit Diabetes

 

Banyak yang berusaha mencegah penyakit diabetes karena membayangi ancaman dan dampak buruk dari diabetes. Dampak yang diakibatkan karena kadar gula yang terlampau tinggi ini menjadi ketakutan orang-orang yang sudah maupun belum terkena diabetes. Diantaranya adalah:

  1. Penyakit jantung

Penderita diabetes memiliki resiko 2 kali lebih besar untuk terkena serangan jantung. Tekanan darah akibat diabetes akan membuat darah memompa ke pembuluh darah hingga jantung yang mengakibatkan serangan jantung.

  1. Masalah pencernaan

Jika terkena diabetes, pencernaan juga tidak luput menjadi permasalahannya. Oleh karena tingginya glukosa dalam tubuh, otomatis makanan yang mengandung gula hanya akan menambah kadar gula sehingga sering muntah. Jadi, alangkah baiknya untuk mencegah penyakit diabetes.

  1. Kehilangan kaki

Biasanya bentuk dan otot kaki penderita diabetes akan berubah. Perubahan ini disebabkan karena pembuluh darah yang rusak dan menyebabkan infeksi ke tulang kaki. Oleh karena itu, akan dilakukan amputasi sebagai pencegahan penyebaran.

Pada saat muda, mungkin masih banyak yang tidak memedulikan pola makan dan faktor-faktor lain yang dapat menyebabkan diabetes. Namun, seiring berjalannya waktu kesadaran itu akan muncul karena dampak dari diabetes yang akan sangat merugikan. Oleh karena itu, banyak yang memulai untuk mencegah penyakit diabetes melalui kesehariannya.

 

 





Posting Komentar untuk "Menanam Pola Hidup Sehat untuk Menghindari Penyakit Diabetes"