Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perlunya Menjaga Kesehatan Gigi dan Berbagai Penyakit Gigi

menjaga kesehatan gigi

 

 

Menjaga kesehatan gigi sering kali diremehkan oleh sebagian besar masyarakat, terutama di Indonesia. Penyakit gigi dianggap sepele dan meremehkan pentingnya menggosok gigi. Pada akhirnya, munculnya berbagai permasalahan pada gigi membuat keresahan yang tinggi karena gigi merupakan sarana kita agar dapat memasukkan makanan sebelum ke perut.

Berbagai survei telah dilakukan untuk mengukur perhatian masyarakat terhadap kesehatan gigi. Hasilnya, lebih dari 50 persen masyarakat yang disurvei ini mengalami gangguan dan masalah pada gigi dan dari 50 persenan tadi, hanya 10 persen yang pergi ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan.

Rendahnya perhatian orang-orang di Indonesia membuktikan bahwa masalah pada gigi merupakan hal yang remeh bagi sebagian besar orang. Namun satu yang perlu diingat bahwa kesehatan gigi merupakan hal yang penting, termasuk bagi sarana tumbuh kembang anak. Karena tanpa kita sadari, kesehatan gigi juga mempunyai pengaruh.

Macam-macam Penyakit yang ada pada Gigi

Gigi merupakan sarana penting bagi tubuh. Gigi termasuk kedalam awal dimulainya pencernaan. Oleh karena itu, Kamu harus ingat pentingnya menjaga kesehatan gigi agar terhindar dari permasalahan yang berkaitan dengan gigi. Kami telah merangkum beberapa penyakit yang berkaitan dengan gigi, diantaranya:

  1. Gigi Berlubang

Gigi berlubang mungkin merupakan yang paling umum jika berbicara tentang penyakit yang disebabkan oleh gigi. Meskipun umum, banyak orang yang masih menganggap remeh penyakit ini. Gigi berlubang akan menganggu kegiatan sehari-hari anda, apalagi saat makan. Ini bisa terjadi karena terjadinya pengikisan di gigi akibat jarang dibersihkan.

Meskipun ada beberapa yang tahan terhadap rasa sakitnya, gigi berlubang tidak boleh dibiarkan saja. Gigi berlubang memerlukan perawatan. Gigi berlubang nyatanya dapat menyebabkan infeksi jika tidak diberi pengobatan. Pergesekan ini akan membuat gigi menjadi rusak.

  1. Gigi Tidur

Meskipun tidak secara langsung disebabkan oleh tidak menjaga kesehatan gigi, nyatanya penyakit gigi tidur yang umumnya dialami setiap orang sering sekali diremehkan. Gigi tidur dapat muncul sebanyak 4 kali kepada setiap orang. Rasa sakitnya mirip dengan gigi berlubang, namun gigi tidur harus dicabut.

  1. Gingivitis

Selanjutnya, gingivitis merupakan penyakit yang disebabkan oleh kurangnya kesadaran orang terhadap kebersihan mulut dan gigi. Gingivitis dapat menyebabkan peradangan pada gusi dan membuat gusi berwarna kehitaman. Gingivitis juga sering kali membuat gusi nyut-nyutan. Orang yang mengalami gingivitis harus rajin-rajin menggosok gigi secara halus agar sembuh.

 

menjaga kesehatan gigi

 

Tips Menjaga Kesehatan Gigi agar Memperoleh Manfaatnya

Tentunya gigi yang sehat akan menambah kepercayaan diri, bukan? Saat seseorang tersenyum, jika gigi bersih, maka orang itu tidak akan merasa malu untuk menampakkan giginya. Jadi, sangat penting agar memperhatikan gigi. Lalu, berikut adalah beberapa cara agar dapat memperoleh gigi yang bersih dan sehat.

  1. Sikat Gigi Minimal 2 Kali Sehari

Cara menjaga kesehatan gigi yang paling umum adalah dengan rajin menyikat gigi. Rekomendasinya adalah 2 kali sehari selama 2 menit. Menyikat gigi akan membantu membersihkan kotoran-kotoran yang tertinggal di sela-sela gigi yang membuat gigi tidak sehat. Sebaiknya dilakukan pada saat bangun dan sebelum tidur.

  1. Minum Banyak Air

Dengan terhidrasinya mulut kita, gigi menjadi tidak kering sehingga menjadi lebih sehat. Gigi yang kering akan menyebabkan kotoran tinggal disana.

  1. Mengonsumsi buah-buahan

Buah-buahan kaya akan mineral dan vitamin, termasuk vitamin untuk gigi. Pada saat menggigit buahnya, gigi akan mendapat vitamin yang membuat gigi menjadi lebih sehat.

  1. Periksa Gigi ke Dokter

Jangan menganggap gigi Kamu selalu sehat. Kamu perlu untuk memeriksanya di dokter gigi karena mereka mengerti apa yang dibutuhkan dan apa yang tidak terlihat bagi orang awam. Pemeriksaan yang dilakukan secara rutin akan meminimalisir terkena penyakit yang berbahaya.

Kesehatan gigi masih menjadi hal yang disepelekan oleh masyarakat Indonesia. Padahal kesehatan gigi sangat berpengaruh dengan kinerja sehari-hari. Jadi, kami harap Kamu dapat lebih memperhatikan dan menjaga kesehatan gigi agar dapat terhindar dari penyakit-penyakit gigi.

Posting Komentar untuk "Perlunya Menjaga Kesehatan Gigi dan Berbagai Penyakit Gigi"