Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Jitu Mencegah Mata Merah karena Debu

 

mencegah mata merah

 

Mencegah mata merah akibat terpapar debu biasanya menimbulkan iritasi jika tidak ditangani dengan benar. Hal tersebut bakal sangat mengganggu aktivitas keseharian lantaran berhubungan dengan penglihatan. Cara mengatasinya juga harus berhati-hati dan tidak bisa sembarangan dilakukan.

Salah satu pertolongan pertama seperti menggunakan obat tetes bisa dipilih untuk meringankan penyakit tersebut. Namun ada beberapa alternatif lainnya yang bisa dicoba guna mengatasi mata merah akibat terpapar debu atau benda kecil lainnya. Selengkapnya, simak ulasan di bawah ini.

Memakai Kacamata Saat Bepergian ke Luar Rumah

Penggunaan kacamata mampu melindungi area di sekitar penglihatan dari kemungkinan terpapar benda-benda kecil seperti debu. Selain terjaga, aktivitas juga relatif tidak terganggu meski berada di luar rumah. Penggunaan kacamata tergolong cara yang mudah dilakukan oleh siapa pun.

Oleh sebab itu, mencegah mata merah dengan menggunakan kacamata menjadi pilihan utama bagi kebanyakan orang ketika di luar rumah. Kacamata yang digunakan juga tidak sembarangan karena terdiri dari beragam jenis. Pilih salah satu yang cocok untuk Anda gunakan.

Menggunakan Kompresan Air Hangat dan Dingin

Mungkin jarang disadari jika kompresan air hangat dan dingin mampu meredakan mata yang merah karena terpapar benda asing. Air dingin dinilai sangat manjur mengatasi mata yang memerah akibat iritasi hingga alergi, yang biasanya ditandai dengan pembengkakan di area sekitar penglihatan.

Sedangkan air hangat mampu membuat aliran darah di sekitar mata meningkat sehingga mampu meredakan gejala tersebut secara cepat. Caranya dengan menggunakan handuk basah sebagai kompres, di mana suhu hangat tersebut kemudian diletakkan di sekitar area penglihatan selama 10 hingga 15 menit.

 

mencegah mata merah

 

Jangan Terlalu Sering Mengucek Area Mata

Salah satu hal fatal tapi kurang disadari adalah kebiasaan mengucek mata. Hal ini sering dilakukan tanpa sadar Ketika merasakan gatal pada bagian tersebut. Meski dinilai wajar, hal tersebut justru berpotensi menimbulkan iritasi tambahan pada bagian penglihatan. Terlebih jika sebelumnya telah memerah.

Mencegah mata merah bisa dilakukan dengan terlebih dahulu mencuci tangan sampai bersih jika ingin menyentuh area penglihatan. Hal itu pun bukan berarti menjadi pembenaran untuk mengucek area tersebut. Solusinya adalah, rasa gatal tersebut bisa diatas lewat sentuhan secara perlahan.

Rajin Merawat Lensa Kontak Jika Sering Dipakai

Pemakaian lensa kontak dengan volume tinggi juga bisa menyebabkan penglihatan menjadi iritasi. Gejala yang ditimbulkan dikhawatirkan bisa memperparah kondisi penglihatan jika tidak teratur saat membersihkan lensa kontak. Tentu saja hal ini sangat berbahaya karena posisinya bersentuhan langsung dengan mata.

Sebagai benda yang rentan tergores dan mudah rusak, kontak lensa harus rutin dibersihkan. Jika tidak, penglihatan bisa terkena iritasi hingga berubah menjadi merah. Tidak hanya itu, beberapa penyakit lainnya seperti abrasi kornea, ulkus kornea, dan konjungtivitis, bisa terjadi sewaktu-waktu.

Menggunakan Pelembab Udara yang Dipasang pada AC

Penglihatan memerah karena dipengaruhi oleh suhu di sekitarnya sering terjadi namun jarang disadari. Sebagai contoh, udara kering di dalam ruangan akibat penggunaan AC secara terus menerus ternyata bisa membuat penglihatan iritasi. Solusinya adalah menggunakan humidifier atau pelembab udara.

Memasang humidifier pada AC mampu mengubah udara kering menjadi lembab. Selain itu, alat tersebut berfungsi sebagai penyaring udara sehingga membuatnya lebih bersih karena partikel seperti debu telah berkurang. Resiko iritasi bakal berkurang karena suhu udara terbilang normal.

Penglihatan merah karena debu memang sangat mengganggu aktivitas keseharian sehingga harus segera diatasi. Salah satu bahaya yang ditimbulkan adalah hal tersebut dikhawatirkan menimbulkan iritasi dan kemudian jadi penyebab infeksi. Langkah terbaik adalah berkonsultasi langsung dengan dokter ahli.

Iritasi yang ditimbulkan biasanya tidak berlangsung lama jika kondisinya tidak terlalu parah. Gejala tersebut juga bisa sembuh dalam hitungan hari. Oleh sebab itu, cara ampuh mencegah mata merah adalah dengan menerapkan cara-cara di atas sesuai kondisi penglihatan.

Posting Komentar untuk "5 Cara Jitu Mencegah Mata Merah karena Debu"