Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi

 

 

menjaga kesehatan mental

Mencari tips menjaga Kesehatan mental di tengah pandemi Covid-19 kini menjadi sebuah kebiasaan baru saat berselancar di dunia maya. Banyak dari masyarakat terkena dampak dari penyakit menular itu sehingga tidak hanya berimbas pada perekonomian, tapi juga membahayakan Kesehatan.

Salah satu tantangan tersebut adalah bagaimana menemukan cara untuk menjaga kondisi pikiran agar tetap stabil. Salah satunya merasa cemas akan tertular virus mematikan tersebut. Tidak perlu panik, berikut ini adalah beberapa cara mudah menjaga pikiran agar tetap sehat.

 

Menggunakan Informasi Soal Covid-19 dengan Bijaksana

Ada begitu banyak informasi tentang Covid-19 di luar sana namun belum tentu semuanya terbukti benar. Kabar miring atau hoax soal virus menular tersebut terkadang membuat pikiran masyarakat awam terganggu, sehingga secara tidak langsung berpotensi mengancam kondisi mental.

Informasi mengenai tips menjaga Kesehatan mental juga diperlukan agar bisa berpikir jernih dalam situasi maupun kondisi apa pun. Selain itu, mulai selektif dengan cara memilah-milah berita mengenai Covid-19 juga bisa diterapkan pada diri sendiri agar tidak mudah termakan kabar hoax.

Mencoba Menemukan Kesibukan Baru yang Produktif

Menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan positif juga bisa dicoba untuk meredakan rasa stress akibat dampak dari pandemi Covid-19. Mulai dari mencoba berkebun kecil-kecilan, membuat prakarya, dan aktivitas fisik lainnya. Tubuh yang aktif bergerak mampu membuat pikiran senantiasa terjaga.

Terlebih sejak pemerintah memberlakukan pembatasan kegiatan seperti PSBB dan bekerja dari rumah atau work from home (WFH), banyak dari masyarakat merasa kebingungan harus memilih aktivitas sesuai dengan aturan tersebut. Solusinya adalah tetap mencari kesibukan agar tetap produktif.

Tetap Aktif Menjalin Komunikasi dengan Keluarga

Tetap menjaga komunikasi dengan keluarga maupun orang terdekat, diyakini bisa meredakan rasa khawatir pada pikiran di tengah situasi yang serba tidak menentu akibat Covid-19. Jika jaraknya berjauhan, memanfaatkan teknologi seperti internet dan aplikasi bisa dimanfaatkan untuk saling berkomunikasi.

Salah satu tips menjaga Kesehatan mental seperti menjaga komunikasi di atas juga bisa diterapkan pada kegiatan seperti bekerja dan sekolah. Memang awalnya terasa sulit karena tidak terbiasa. Namun seiring berjalannya waktu, hal tersebut lambat laun akan terbentuk menjadi kebiasaan baru.

Tidak Merasa Cemas Terhadap Kondisi Diri Sendiri

Merasa cemas terhadap kondisi Kesehatan diri sendiri ternyata bisa berdampak buruk pada kesehatan fisik. Reaksi yang ditimbulkan juga bisa bermacam-macam. Mulai rasa gelisah tanpa sebab, mual pada perut, detak jantung tidak beraturan, hingga menyebabkan sulit tidur atau insomnia.

Hal tersebut wajar dirasakan pada kondisi saat ini akibat pandemi Covid-19. Solusinya adalah senantiasa memberi sugesti positif pada pikiran sendiri bahwa diri ini tetap sehat. Metode lainnya adalah tetap mematuhi imbauan pemerintah dengan menerapkan aturan sesuai protokol Kesehatan.

 

menjaga kesehatan

 

Memulai Hidup Sehat dan Olahraga Secara Teratur

Tips menjaga kesehatan mental lainnya yang bisa dicoba adalah berolahraga secara teratur. Kegiatan tersebut tidak hanya menyehatkan pikiran, tapi juga fisik secara keseluruhan. Tidak perlu olahraga berat seperti angkat beban dan sejenisnya. Cukup gerakan sederhana sesuai kemampuan dan rutin dilakukan.

Gerakan yang bisa dicoba adalah yoga, senam, dan jalan santai. Momen semacam ini juga bisa dimanfaatkan untuk berolahraga, jika sebelumnya tidak sempat melakukan karena kesibukan yang padat. Di sela-sela kegiatan tersebut, bisa diiringi dengan rasa syukur karena masih diberi Kesehatan.

Menurut data yang dikeluarkan oleh Center for Disease Control and Prevention (CDC), tanda-tanda gangguan mental adalah sulit tidur, konsentrasi terganggu, merasa khawatir akan kondisi Kesehatan diri sendiri, cemas yang berlebihan, dan merasa sakit pada bagian kepala, perut, hingga kulit.

Dampak yang ditimbulkan jika pikiran terganggu memang cukup fatal jika tidak segera diatasi. Salah satu caranya adalah mencari informasi mengenai tips menjaga kesehatan mental dan pikiran di internet maupun buku-buku tentang panduan kesehatan dari instansi resmi.


Posting Komentar untuk "5 Tips Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi"