Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Secara Alami

 

menjaga kesehatan ginjal

 

Ada banyak cara menjaga kesehatan ginjal agar tidak mudah terganggu sehingga menimbulkan penyakit. Salah satu dan paling umum dilakukan adalah dengan memperbanyak minum air putih secara teratur. Meski demikian, hal tersebut ternyata belum cukup untuk menjaga agar organ tetap sehat.

Keberadaan organ tubuh di samping kanan kiri pinggang itu tergolong sangat vital. Ginjal memiliki fungsi untuk menyaring kadar racun maupun garam, hingga membersihkan sisa-sisa metabolisme di dalam tubuh. Selain menggunakan obat kimia, kesehatan organ juga bisa dijaga secara alami.

 

Rutin Minum Air Putih dengan Takaran Secukupnya

Air putih memiliki banyak manfaat pada tubuh jika dikonsumsi secara. Salah satunya adalah mampu menyehatkan organ vital seperti ginjal. Dalam sehari, setidaknya minum air putih sebanyak delapan hingga sepuluh gelas dengan takaran secukupnya dan dilakukan secara rutin.

Cara menjaga Kesehatan ginjal dengan mengonsumsi air putih seperti di atas sangat sederhana sehingga mudah dilakukan oleh siapa saja. Keuntungan yang didapat selain Kesehatan adalah menghindarkan tubuh dari bahaya dehidrasi, menghilangkan rasa haus, hingga menjaga ketersediaan air di dalam tubuh. 

Mau Mengonsumsi Sayur Bervitamin Tinggi

Tidak semua orang suka mengonsumsi sayuran. Sayangnya, beberapa jenis makanan alami tersebut justru mampu menjaga kesehatan ginjal. Sayuran tersebut antara lain berasal dari kacang-kacangan seperti buncis, kacang polong, maupun kacang hijau, karena seratnya mampu menstabilkan gula darah.

Sayuran seperti bayam juga sangat baik untuk ginjal karena mengandung vitamin A untuk menjaga jaringan epitel, yakni sebuah lapisan pada organ yang berfungsi mengatur proses pencernaan, menyerap nutrisi, memproduksi senyawa kimia, hingga mengeluarkan racun dari dalam tubuh. 

 

menjaga kesehatan ginjal

 

Berolahraga Secara Teratur dan Cukup Istirahat

Salah satu cara menjaga kesehatan ginjal secara alami lainnya juga bisa diperoleh lewat kegiatan olahraga secara teratur. Mulai dari fitness, senam, bersepeda, lompat tali atau skipping, hingga yoga, bisa dipilih sesuai dengan kemampuan sehingga tidak terlalu memberatkan.

Olahraga memberikan kesempatan pada tubuh untuk mengeluarkan keringat yang mengandung zat garam, sehingga mengurangi beban kerja organ saat dibawa beraktivitas. Tidak hanya itu, hasil dari olahraga secara teratur akan berjalan maksimal jika diselingi dengan istirahat yang cukup.

Menghindari Minuman Beralkohol dan Kebiasaan Merokok

Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol dan kebiasaan merokok terbukti mampu memperburuk kondisi organ. Kecanduan terhadap rokok ternyata bisa mengganggu proses pengobatan untuk menyembuhkan tekanan darah tinggi. Penyakit hipertensi itulah yang menjadi penyebab utama dari penyakit ginjal.

Senada dengan merokok, minuman beralkohol dapat merusak ginjal karena fungsinya sebagai penyaring racun terganggu. Cairan memabukkan itu juga bisa membuat tubuh dehidrasi dan memperparah kondisi organ. Tidak cara lain yang bisa dilakukan kecuali menghindari dua kebiasaan di atas.

Menerapkan Gaya Hidup Sehat Sejak Dini

Menerapkan gaya hidup sehat sejatinya tidak sulit jika memiliki kemauan keras. Hal semacam itu dilakukan semata-mata demi terjaganya kesehatan tubuh maupun bagian organ di dalamnya seperti ginjal, hati, jantung, dan sebagainya. Hal tersebut bisa dimulai dengan menjaga pola makan misalnya.

Cara menjaga Kesehatan ginjal bisa dimulai sedini mungkin dengan melakukan hal sederhana seperti rutin berolahraga, menjaga asupan makanan, rajin minum air putih, menghindari minuman beralkohol dan rokok. Semua dilakukan secara bertahap hingga kebiasaan tersebut menjadi sebuah rutinitas baru.

Namun jika organ dirasakan mulai mengalami penurunan secara fungsi, organ tersebut tetap bisa dijaga kesehatannya dengan cara menghindari makan-makanan tertentu seperti olahan daging, keju, pisang, ikan asing, nasi merah, yoghurt hingga buah alpukat.

Memberikan asupan terbaik pada organ tidak harus menggunakan obat-obatan kimia, tapi juga dari bahan alami maupun menerapkan gaya hidup sehat sebagai salah satu cara menjaga kesehatan ginjal agar tubuh tetap sehat dan tidak mudah sakit.

 


Posting Komentar untuk "Begini Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Secara Alami"