Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Manfaat Kacang Tanah untuk Diet yang Sehat

 

manfaat kacang tanah

 

Manfaat kacang tanah ternyata sangat bagus untuk mereka yang tengah melakukan program diet. Tumbuhan satu ini tergolong makanan bernutrisi tinggi dengan beberapa kandungan gizi seperti asam folat, serat, vitamin E, biotin,magnesium, protein, lemak jenuh tidak tunggal, hingga kaya antioksidan.

Sayangnya, beberapa kalangan di masyarakat masih salah mengartikan keberadaannya dengan anggapan bahwa tumbuhan tersebut merupakan penyebab utama timbulnya jerawat, dan lain sebagainya. Padahal, manfaatnya sangat besar untuk para pejuang diet secara alami. Selengkapnya, simak ulasan berikut ini.

Manfaat Kacang Tanah untuk Diet Sehat Alami

Diet ternyata tidak melulu berhubungan dengan olahraga tapi juga makanan. Salah satunya adalah kacang tanah karena memiliki beragam kandungan gizi yang baik untuk program menurunkan tingkat obesitas. Selain itu, sajian satu ini juga mampu mengenyangkan perut jika dikonsumsi secukupnya.

Manfaat kacang tanah lainnya untuk diet adalah adanya kandungan seperti nutrisi, serat dan lemak sehat yang membuat perut merasa kenyang, tanpa harus banyak menerima asupan makanan dalam porsi banyak. Agar tidak bosan, makanan tersebut juga bisa diolah sebagai cemilan menyehatkan.

Sifatnya yang mudah dicerna membuatnya sangat membantu membuat kadar gula darah dalam tubuh menjadi stabil. Tidak hanya menyehatkan, hal tersebut membuat tubuh selalu merasa cukup terhadap berbagai makanan sehingga membantu mengurangi rasa lapar.

Cara Memanfaatkannya Sebagai Camilan yang Menyehatkan

Mengonsumsinya guna menunjang program diet memang tidak bisa sembarangan dilakukan begitu saja. Ada takaran khusus agar tidak merusak progress latihan sehari-sehari. Makanan tersebut diolah menjadi sebuah cemilan dan dinikmati dalam mangkuk kecil secara perlahan hingga habis.

Bisa juga mencampur makanan tersebut yang telah diolah sebagai menu tambahan bagi hidangan seperti sereal, salad, es krim berjenis rendah lemak, dan jenis makanan untuk sarapan pagi lainnya. Bisa juga bisa ditempatkan pada sebuah wadah kecil sehingga memudahkan saat dikonsumsi Ketika bepergian.

Bentuk lainnya yang bisa dicoba adalah selai kacang sebagai pelengkap makanan ketika dikonsumsi dengan roti tawar, roti susu, dan roti gandum. Atau bisa juga disajikan sebagai olahan rebusan maupun dipanggang seperti di pasar-pasar tradisional.

 

manfaat kacang tanah

 

Kandungan Gizi Kacang Tanah yang Baik untuk Diet

Beberapa manfaat kacang tanah bisa dilihat dari kandungan nutrisinya. Mulai dari kaya serat sehingga mampu mengenyangkan perut lebih cepat, melancarkan pencernaan, hingga menurunkan berat badan. Tingginya kadar kalori pada makanan tersebut bisa membantu tubuh untuk membakar lemak.

Ada juga kandungan lemak sehat dan protein menyehatkan sehingga mampu mengurangi resiko terkena obesitas jika dikonsumsi dalam takaran tertentu. Secara umum, kacang banyak direkomendasikan sebagai salah satu asupan bagi yang ingin melakukan diet lewat program penurun berat badan.

Makanan berbentuk biji-bijian tersebut juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan metabolisme. Hal tersebut dinilai mampu meningkatkan jumlah energi pada tubuh sehingga bisa digunakan untuk menghancurkan timbunan lemak penyebab obesitas atau kegemukan. Pola konsumsinya bisa dikombinasikan dengan olahraga teratur agar hasilnya maksimal.

Manfaat Lain dari Kacang Tanah untuk Tubuh

Kacang tanah tidak hanya mampu menurunkan tingkat obesitas, tapi juga menyehatkan tubuh. Kandungan seperti lemak jenuh, baik tunggal dan gandanya tergolong asupan yang bagus sehingga membantu menurunkan resiko sakit jantung hingga stroke. Tingkat kolesterol di dalam darah juga terkontrol dengan baik.

Selain itu, manfaat kacang tanah lainnya yang tak kalah penting adalah kandungan seratnya mampu melancarkan pencernaan. Bagi pelaku diet, hal ini sangat baik karena membantu feses atau kotoran menjadi lebih lunak sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan.

Sebagai kombinasi makanan, protein dan lemak tak jenuh juga bisa dikonsumsi secara berimbang. Sumbernya berasal dari alpukat, minyak zaitun, sayuran hijau dan air putih sekitar 2 liter per hari. Hal terpenting lainnya adalah, pola olahraga seimbang dengan durasi cukup.

Menjalankan program diet dengan tujuan menurunkan tingkat obesitas memang tidak mudah. Namun, hal tersebut juga tidak sulit dilakukan dengan mencoba manfaat kacang tanah sebagai asupan gizi dengan pola berimbang, yakni antara konsumsi dan berolahraga.

Posting Komentar untuk "Kenali Manfaat Kacang Tanah untuk Diet yang Sehat"