Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Olahraga untuk Mencegah Osteoporosis Sejak Dini yang Aman

 

 

olahraga

Mencegah osteoporosis sejak dini dapat dilakukan lewat beragam cara. Mulai dari rutin melakukan pemeriksaan sebagai bentuk deteksi dini, pengobatan kimia dan tradisional, hingga dengan rajin-rajin berolahraga secara teratur. Kegiatan yang disebutkan terakhir termasuk sangat mudah dilakukan oleh siapa pun.

Meski demikian, tidak semua olahraga baik untuk mencegah penyakit yang menyerang tulang tersebut. Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum melakukan olahraga tersebut, yakni memilih jenis olahraga sesuai kebutuhan tubuh. Apa saja jenisnya? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Senam Taichi Bagus untuk Pergerakan Persendian

Mencegah osteoporosis sejak dini bisa dilakukan lewat senam taichi. Olahraga asal Tiongkok ini dikenal dengan Gerakan luwesnya namun sangat bagus untuk tubuh. Banyak dari para lansia di negeri tirai bambu itu menekuni taichi untuk menjaga kesehatan di usia senja.

Selain itu, jenis olahraga ini juga sangat bagus untuk struktur kerangka karena melatih keseimbangan sekaligus gerakan pada bagian bawah tubuh. Manfaat lain dari senam Tai Chi ini adalah melambatkan penipisan di area tulang kering, bagian belakang, hingga tulang paha.

 

olah raga

 

Jogging Membantu Tulang Terus Aktif Bergerak

Berlari-lari ringan atau jogging sangat bagus untuk melatih mulai dari tulang kaki ke atas agar senantiasa bergerak. Aktivitas ini bisa dilakukan secara rutin sesuai dengan kebutuhan. Tidak perlu berlari cepat, tapi dengan gerakan mengayunkan kaki secara perlahan saja sudah cukup.

Jogging juga bisa dikombinasikan dengan cara berjalan kaki. Terutama jika merasa capek saat berlari. Hanna Santoso dan Andar Ismail dalam buku Memahami krisis lanjut usia: uraian medis dan pedagogis-pastoral (2009) menuliskan, berjalan kaki mampu memelihara kepadatan kerangka.

Gerakan Yoga Bisa Menyembuhkan Sakit pada Tulang

Latihan seperti yoga dinilai mampu menjaga agar tulang lebih rileks. Beberapa jenis gerakannya mampu merenggangkan otot agar tidak kaku, menghilangkan rasa nyeri pada beberapa bagian tubuh setelah digunakan beraktivitas, melemaskan persendian, serta mempercepat memulihkan kebugaran.

Gerakan Yoga juga bisa mencegah osteoporosis sejak dini karena latihannya menitikberatkan pada beberapa hal, yakni fleksibilitas, keseimbangan, kekuatan bertumpu, hingga relaksasi. Masing-masing memiliki tahapan mulai dari tingkat pemula hingga lanjutan sehingga sangat baik untuk struktur tulang.

Rutin Angkat Beban Membantu Menjaga Kepadatan Tulang

Rutin berlatih angkat beban ternyata mampu menjaga kekuatan dan kepadatan tulang hingga usia lanjut. Praktiknya terletak pada kemampuan kita menjaga intensitas dari latihan tersebut sesuai kebutuhan, seperti yang di anjurkan oleh lembaga American College Sports of Medicine Resource Manual.

Untuk latihan awal bagi pemula, bisa mencoba menggunakan alat seperti dumbbell seberat 2 hingga 4 kilogram dan rutin dilatih selama 20 menit dengan durasi 3-5 kali seminggu. Karena menggunakan tangan, gerakan shoulder lift bisa dipilih karena mampu memperkuat area bahu.

Melatih Kardio Lewat Sejumlah Olahraga Pilihan

Mencegah osteoporosis sejak dini dengan mencoba beberapa jenis olahraga merupakan pilihan yang tepat. Selain mencoba berbagai variasi gerakan yang ada, hal tersebut juga bisa membantu kerangka dan otot pada tubuh untuk beradaptasi dengan bentuk latihan-latihan baru.

Jenis olahraga yang bisa dicoba adalah aerobic, naik turun tangga, berjalan cepat, sepak bola, basket, tenis, dan senam osteoporosis. Semua aktivitas tersebut telah mencakup hal-hal yang dibutuhkan untuk menjaga kekuatan sekaligus kepadatan tulang agar terhindar dari osteoporosis.

Menggeluti aktivitas seperti beberapa olahraga di atas memang tidak bisa dilakukan sembarangan. Pilih salah satu sesuai kebutuhan dan kemudian rutin dikerjakan dengan durasi tertentu agar usaha untuk mencegah osteoporosis sejak dini lewat olahraga bisa berjalan dengan baik. Selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "5 Olahraga untuk Mencegah Osteoporosis Sejak Dini yang Aman"