Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjaga Kesehatan Jantung, Penting Dilakukan!

 

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Penting Dilakukan!

 

kesehatan jantung

 

Menjaga kesehatan jantung menjadi salah satu hal wajib yang perlu Kamu lakukan. Jantung merupakan organ vital pada tubuh sehingga kesehatannya akan sangat membantumu dalam beraktivitas setiap harinya. Banyak hal sudah membuktikan, bahwa kesehatan jantung yang tidak terjaga hingga mengakibatkan gangguan pada jantung membahayakan. Akan terjadi penurunan kualitas hidup bahkan bisa berakibat fatal. Selain itu, gangguan kesehatan pada jantung juga menjadi hal yang paling menakutkan di seluruh dunia. Pasalnya, bukan hanya bersifat mematikan, gangguan seperti serangan jantung bisa datang dengan tidak terduga. Penyakit ini bisa terjadi akibat gaya hidup yang tidak sehat dan sering mengabaikan pentingnya kesehatan jantung. Berusaha mencegah penyakit jantung atau sering disebut penyakit kardiovaskular perlu dilakukan sejak dini. Kurangnya aktivitas fisik, memiliki pola makan tidak teratur dan kebiasaan tidak sehat lainnya dapat mempercepat gangguan pada jantung. Karena hal itulah perlu ada usaha melakukan gaya hidup sehat dengan segera.


Berbagai Olahraga yang Dapat Menjaga Jantung 

Tetap Sehat


Jalan kaki

 

Olahraga memang sudah terbukti sebagai salah satu kegiatan rutin yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Melakukan beberapa olahraga yang dapat menjaga jantung juga agar tetap sehat memang perlu dilakukan.


  1. Jalan kaki

Kegiatan sederhana ini bisa menjaga kesehatan jantung dengan mudah, apalagi dengan melakukan jalan kaki cepat. Kamu bisa melakukan aktivitas ini minimal 20 menit untuk menstabilkan detak jantung.


  1. Renang

Berenang menjadi salah satu olahraga yang bisa Kamu lakukan karena jantung akan melakukan kontraksi. Dengan adanya kontraksi ini akan membuat ruangan membesar dan aliran darah menjadi lebih lancar.


  1. Bersepeda

Bersepeda juga bisa dipilih karena dapat menstimulasi jantung untuk bekerja dan menguatkan otot-otot. Selain untuk kesehatan jantung, bersepeda bisa mengurangi emisi karbon harian ketika menggunakan sepeda sebagai alat transportasi.


  1. Angkat beban

Angkat beban dapat membantu kinerja jantung serta membentuk otot-otot tubuh. Latihan beban atau weight training sangat cocok dilakukan oleh pekerja kantoran sehingga memiliki sedikit kesempatan melakukan aktivitas di luar ruangan.


  1. Dance

Dance atau menari juga bisa membantu mengurangi risiko serangan fatal penyakit jantung hingga 46 persen. Ketika menari akan membuat jantung memompa darah dengan lebih cepat sehingga metabolisme tubuh bisa terjaga.


  1. Tai chi

Tai chi merupakan bentuk olahraga yang tidak terlalu memaksakan otot-otot bekerja, tetapi dapat meningkatkan kesehatan jantung. Olahraga ini menggunakan gerakan sederhana sehingga cocok dilakukan oleh berbagai usia.


Cara Menjaga Kesehatan Jantung


Tidur santai


Menjaga jantung tetap sehat dapat dilakukan dengan beberapa cara yang tentunya berhubungan dengan pola hidup sehat. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan agar kesehatan jantung tetap terjaga dengan baik.


  1. Membatasi mengonsumsi makanan asin

Mengonsumsi makanan yang mengandung garam berlebihan dapat menyebabkan (hipertensi). Hipertensi menjadi salah satu penyebab risiko penyakit jantung. Ketika mengalami tekanan darah tinggi, kinerja jantung memompa darah semakin berat.


  1. Cukup tidur

Kualitas tidur Kamu setiap harinya juga dapat mempengaruhi kesehatan jantung. Ketika Kamu tidur maka menjadi waktu beristirahat untuk tubuh, maka ketika sering begadang jam biologis tubuh menjadi rusak.


  1. Hindari duduk terlalu lama

Duduk terlalu lama, misalkan seharian duduk di depan komputer tidak hanya membuat badan pegal, tetapi berbahaya bagi kesehatan jantung. Duduk terlalu lama dapat membuat penggumpalan darah sehingga memperburuk sirkulasi darah.


Kesehatan jantung menjadi bagian penting yang perlu Kamu lakukan. Memiliki jantung yang sehat akan mendukung segala aktivitasmu sehingga sangat perlu menjaga kesehatan jantung sejak dini.

Posting Komentar untuk "Cara Menjaga Kesehatan Jantung, Penting Dilakukan!"