Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan Tinggi Antioksidan, Bantu Cegah Radikal Bebas


 

makanan antioksidan

Mengonsumsi makanan tinggi antioksidan akan sangat membantu Kamu dalam mencegah radikal bebas. Salah satu cara memenuhi asupan antioksidan bagi tubuh Kamu dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan.


Antioksidan sendiri merupakan senyawa yang berfungsi untuk mencegah dan memperbaiki sel yang rusak di dalam tubuh. Terlebih khususnya dapat mencegah dari paparan radikal bebas yang tidak baik untuk tubuh.


Secara alami tubuh kita akan menghasilkan radikal bebas yang merupakan zat limbah dari hasil metabolisme. Meskipun demikian, radikal bebas dapat meningkat jika tubuh sering terpapar radiasi dan zat beracun.


Zat beracun yang biasanya berbahaya seperti asap rokok, polusi, pestisida, limbah pabrik dan makanan yang mengandung pengawet. Zat beracun ini juga berbahaya untuk masalah kesehatan lainnya seperti penuaan dini.


Jika radikal bebas terdapat di dalam tubuh secara berlebihan dapat merusak sel di dalam tubuh. Kerusakan ini sering berkaitan dengan beberapa penyakit lainnya seperti diabetes, katarak, penyakit jantung dan kanker.


Makanan Tinggi Antioksidan dengan Berbagai Jenis


Terdapat beberapa jenis makanan dengan kadar tinggi antioksidan yang bisa Kamu konsumsi dengan baik. Berikut ini beberapa jenis antioksidan beserta jenis makanan yang terkandung pada antioksidan tersebut.


  1. Flavonoid

Jenis antioksidan ini bisa Kamu temukan dengan mudah pada buah, sayur dan akar tumbuhan. Makanan yang mengandung flavonoid seperti teh, coklat, apel, jeruk, manga, manggis, bayam dan brokoli.


  1. Antosianin

Antosianin memberikan warna merah, ungu, orange, hijau dan biru pada tumbuhan. Senyawa ini dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah dan bisa ditemukan pada tomat, anggur, delima, ketan hitam dan paprika.


  1. Beta karoten

Beta karoten baik untuk kesehatan mata, kulit dan organ produksi yang di mana di dalam tubuh diolah menjadi vitamin A. Kamu bisa menemukannya pada wortel, ubi, labu, tomat dan buah bit.


  1. Likopen

Likopen dengan mudah diperoleh dengan mengonsumsi makanan tinggi antioksidan dari buah dan sayuran berwarna cerah seperti semangka, jeruk bali dan pepaya. Likopen dapat membantu mencegah penyakit kanker dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari.


  1. Polifenol

Polifenol dapat menurunkan kadar gula darah, mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, stroke dan kanker. Selain itu, cocok untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dan memelihara fungsi otak.


Kamu bisa dengan mudah menemukan polifen pada makanan dan minuman seperti the, buah beri, brokoli, wortel dan bayam. Jinten, jahe, cengkih dan kayu manis juga mengandung polifenol.


salad sayur


Antioksidan dalam Menangkal Radikal Bebas


Makanan tinggi antioksidan memang diperlukan untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas yang berlebihan dapat mengganggu kesehatan sehingga Kamu harus mencegahnya sejak dini dari radikal bebas yang berlebihan.


Radikal bebas dapat terbentuk dari dalam ataupun luar tubuh. Di dalam tubuh radikal bebas merupakan bahan kimia hasil dari proses metabolisme. Hal ini juga termasuk pencernaan makanan dan penggunaan oksigen.


Sedangkan, untuk radikal bebas di luar tubuh bisa disebabkan oleh asap rokok, paparan radiasi, asap kendaraan dan zat beracun seperti pestisida. Akan berbahaya bagi yang tinggal di daerah tinggi polusi.


Paparan polusi yang berlebihan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh sehingga diperlukan antioksidan tinggi juga. Antioksidan yang cukup berfungsi untuk mencegah kerusakan sel atau penyakit di dalam tubuh.


Manusia tidak mampu memproduksi antioksidan secara alami dari dalam tubuhnya. Karena hal itulah Kamu perlu mengonsumsi cukup makanan yang mengandung antioksidan tinggi untuk menangkal radikal bebas.


Antioksidan menjadi bagian penting yang diperlukan dalam tubuh. Salah satu fungsinya untuk mencegah radikal bebas yang dapat membahayakan kesehatan dengan mengonsumsi makanan tinggi antioksidan secara cukup.

Posting Komentar untuk "Makanan Tinggi Antioksidan, Bantu Cegah Radikal Bebas"