Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mencegah Asam Lambung Sejak Dini dengan Mudah

 

Asam lambung

 

Mencegah asam lambung sangat perlu dilakukan, terutama untuk Kamu yang sering mengalaminya. Bagi Kamu yang pernah merasakan penyakit asam lambung atau disebut juga maag tentunya rasanya sangat sakit.

Ketika maag menyerang secara umum akan terasa melilit dan perih pada perut. Penyebab penyakit ini juga banyak, seperti efek samping penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) dan luka terbuka pada lambung.

Ketika asam lambung menyerang biasanya diatasi dengan mengonsumsi obat antasida, padahal dengan hal ini saja tidak cukup. Pasalnya, obat ini tidak dapat menyembuhkan penyakit Kamu secara total.

Tentunya ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan untuk menutup kemungkinan munculnya penyakit lambung secara tiba-tiba. Hal ini karena bisa membuat Kamu tidak fokus dalam beraktivitas.

Salah satunya Kamu bisa memulai mengatur pola makan sehat dengan menu yang tidak sembarangan. Jika tidak ingin asam lambung kambuh lagi, Kamu perlu mengonsumsi beberapa pola makan yang diperlukan.


Pola Makan Mencegah Asam Lambung


Mencegah penyakit asam lambung paling mudah dilakukan dengan mengatur pola makan. Seringkali saat salah makan bisa membuat asam lambung muncul secara tiba-tiba, berikut pola makan yang disarankan untuk penderita asam lambung.


  1. Makan dengan porsi kecil tapi sering

Seorang penderita asam lambung perlu menghindari makan dalam porsi besar sekaligus jika tidak ingin kambuh lagi. Kamu bisa mencegah asam lambung dengan mengonsumsi makanan kecil namun sering, misalkan 5-6 kali dalam sehari.


  1. Hindari makan sebelum tidur

Kamu bisa makan setidaknya tiga jam sebelum tidur karena makan sebelum tidur bisa membuat asam lambung naik. Beberapa jam setelah makan tetap tegak agar perut dapat mencerna makanan dengan baik.


  1. Mengubah cara masak

Kamu bisa mengubah cara memasak yang menjadi salah satu pemicu asam lambung meningkat. Terutama untuk makanan yang digoreng perlu dihindari dan diganti dengan makanan yang dikukus, direbus atau dipanggang.


  1. Mengonsumsi makanan sehat

Memilih makanan sehat memang sudah tidak diragukan sebagai pencegah munculnya penyakit maag. Beberapa makanan seperti sayuran, sayuran akar, oatmeal, roti, nasi, daging dan unggas, putih telur dan buah cocok dikonsumsi.


  1. Menghindari makanan yang mengiritasi lambung

Beberapa makanan dan minuman juga perlu dihindari karena dapat memicu refluks asam. Beberapa makanan dan minuman tersebut seperti alkohol, kafein, susu, makanan berlemak tinggi dan makanan pedas.


  1. Rutin minum air putih

Cara ini menjadi hal termudah yang bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan air putih di dalam tubuh. Setidaknya minum 1-3 gelas air putih saat bangun tidur, sebelum makan dan sebelum tidur.


Minum air putih

 

 

Makanan yang Perlu Dihindari dan Dibatasi


Beberapa makanan juga perlu dihindari dan dibatasi untuk mencegah asam lambung. Beberapa makanan dan minuman yang sulit dicerna sangat dianjurkan untuk tidak dikonsumsi agar tidak membahayakan kesehatan.

Beberapa makanan dan minuman yang dapat meningkatkan asam lambung seperti minuman soda dan alkohol, makanan tinggi lemak, pedas dan digoreng. Selain itu, mint, bawang putih dan bawang merah perlu dihindari.

Terdapat juga beberapa makanan dan minuman yang aman dikonsumsi, tetapi perlu diatur porsinya. Beberapa makanan dan minuman tersebut seperti teh mint, buat citrus seperti jeruk, lemon serta grapefruit.

Jenis makanan dan minuman lainnya seperti minuman dengan olahan tomat, kopi biasa dan kopi decaf, minuman beralkohol dan susu cokelat. Susu murni, donat, ayam goreng dan sosis juga perlu dibatasi.

Mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat akan menghindari Kamu dari berbagai penyakit, termasuk asam lambung. Karena itulah beberapa makanan tersebut dikonsumsi untuk mencegah asam lambung.

Posting Komentar untuk "Tips Mencegah Asam Lambung Sejak Dini dengan Mudah"