Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Harus Mengonsumsi Makanan Sehat untuk Jaga Aktivitasmu




makanan sehat

 

Banyak alasan yang membuat kamu harus mengonsumsi makanan sehat. Makanan sehat yang perlu Kamu konsumsi bukanlah makanan yang mahal, tetapi yang memenuhi kebutuhan gizi harianmu dengan lengkap.


Makan makanan sehat setiap hari bukanlah hal mudah, tetapi ini akan menjadi pilihan cerdas jika Kamu berhasil melakukannya. Kamu akan terlihat menjadi lebih baik ketika mengonsumsi makanan yang baik juga.


Mengonsumsi jenis makanan yang sehat juga berarti membuat Kamu meninggalkan makanan yang tinggi gula, lemak jenuh dan sodium. Hal ini termasuk makanan cepat saji dan soda dengan penuh kalori.


Konsumsi makanan sehat sangat direkomendasikan untuk melengkapi kebutuhan gizi harian. Sebenarnya tidaklah sulit untuk mengonsumsi beragam jenis makanan sehat yang bisa ditemukan pada kelompok makanan fungsional.


Kesadaran tinggi dalam mengonsumsi makanan yang sehat akan memberi dampak baik yang lebih besar pula. Selain sumber energi, makanan sehat juga berperan untuk menurunkan risiko penyakit yang berbahaya bagi tubuh.


Pilihan Makanan Sehat yang Bisa Dikonsumsi


Mengonsumsi makanan sehat akan membantu fungsi tubuh dengan lebih baik. Karena hal itulah ada beberapa jenis makanan sehat yang bisa Kamu konsumsi setiap harinya dengan lengkap dan teratur.


  1. Sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung nutrisi penting seperti serat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalsium dan zat besi. Sayuran hijau yang bisa dikonsumsi seperti sawi hijau, brokoli, kangkung dan bayam.


  1. Buah-buahan

Selain pentingnya manfaat sayuran, buah-buahan juga mengandung banyak vitamin untuk tubuh. Beberapa buah yang bisa dikonsumsi seperti apel, jeruk, pisang, alpukat dan beri-berian seperti blueberry dan strawberry.


  1. Daging dan telur

Daging memiliki nutrisi, misalkan daging sapi yang mengandung protein dan zat besi paling tinggi dibandingkan daging lainnya. Telur juga cocok dikonsumsi karena mengandung tinggi protein dan nutrisi lainnya.


  1. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Berbagai jenis kacang-kacangan dan biji-bijian seperti kacang tanah, kacang mete, kacang almond, biji labu dan biji wijen baik dikonsumsi. Jenis ini mengandung vitamin dan mineral yang tinggi.


  1. Ikan dan makanan laut lainnya

Makanan laut biasanya mengandung asam lemak omega-3 dan yodium yang tinggi sehingga baik dikonsumsi. Makanan laut dapat mencegah salah satu penyakit mematikan yaitu penyakit jantung.


sayuran sehat

 

 

Pentingnya Mengonsumsi Makanan Sehat


Berikut ini ada beberapa alasan pentingnya mengonsumsi makanan yang sehat setiap harinya untuk kebaikan tubuhmu secara alami.


  1. Makanan sehat berimbang

Makanan yang sehat dan berimbang akan membantu Kamu dalam memenuhi kalori tepat untuk tubuh. Jadi, tidak akan mengalami kelebihan kalori akibat pola makan yang salah setiap harinya.


  1. Menurunkan berat badan dengan mudah

Bagi Kamu yang sedang program diet sangat cocok mengonsumsi makanan dengan serat tinggi seperti biji-bijian dan kacang-kacangan. Dikarenakan serat tinggi dapat menurunkan kelebihan lemak di dalam tubuh.


  1. Mengurangi risiko diabetes

Memiliki pola makan yang buruk dapat menyebabkan obesitas dan berisiko tinggi mengalami diabetes. Meningkatkan asupan makanan sehat dan bergizi ke dalam tubuh dapat mengurangi risikonya.


  1. Mengurangi risiko penyakit kanker

Mengonsumsi makanan buruk dan berat badan terlalu banyak berisiko tinggi menyebabkan penyakit kanker dengan lebih mudah. Mengonsumsi makanan yang sehat dapat mengurangi risiko penyakit kanker tertentu.


Makanan menjadi faktor penting dalam menjaga kesehatan tubuh setiap harinya. Karena hal itulah sangat diperlukan menjaga pola makan yang baik dengan mengonsumsi makanan sehat setiap harinya akan terpenuhi dengan baik.

Posting Komentar untuk "Alasan Harus Mengonsumsi Makanan Sehat untuk Jaga Aktivitasmu"