Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pilihan Makan Malam Sehat dan Tidak Berbahaya


makanan sehat


 

Makan malam sehat adalah hal yang belum banyak diketahui orang saat ini. Terlebih karena gaya hidup, maka memilih makanan sembarangan asalkan bisa menghilangkan lapar. Padahal harus memperhatikan komposisi makanan supaya lebih sehat.


Seperti kita ketahui jika malam merupakan waktu terakhir untuk mengonsumsi makanan porsi penuh. Jika memilih sembarangan, cenderung ada akibat buruk bagi masa depan. Mulai dari penyakit jantung, kegemukan dan sebagainya,


Bahan Makan Malam Sehat Paling Direkomendasikan


Namanya saja sehat, pasti yang akan kita pilih berupa bahan makanan murah meriah. Dapat ditemukan dengan mudah tapi bisa diolah lebih enak serta menyehatkan. Ada beberapa rekomendasi yang bisa dijadikan pilihan.


  1. Tahu dan Tempe


Rekomendasi menu pertama yang baik untuk makan malam yakni tahu dan tempe. Tentu saja cenderung sangat mudah ditemukan karena memang terjangkau harganya. Selain itu dapat diolah sesuai keinginan atau mood.


Tahu maupun tempe sendiri dibuat dari kedelai yang kaya nutrisi. Terutama berupa protein sehingga mampu menambah karbohidrat pada makanan. Tidak heran jika selanjutnya akan terasa lama kenyangnya.


Khusus untuk tahu sendiri ternyata mampu membuat kolesterol jahat menjadi diturunkan jumlahnya. Supaya lebih mudah, dapat kamu goreng saja. Lalu dikonsumsi menggunakan sambal agar tambah enak.


  1. Sup Ayam


Tentu tahu dan tempe sepertinya tidak cukup, karenanya disarankan juga mengonsumsi sup ayam. Menu satu ini termasuk sederhana tapi kaya nutrisi. Ada protein dari daging ayam yang membuat sup terasa nikmat.


Kelebihan sup ayam yaitu adanya tambahan sayur-sayuran yang menyehatkan. Misalnya berupa kentang, wortel sampai daun bawang. Karena mengandung air, jadi lebih mengenyangkan dan mampu menghangatkan saat cuaca dingin.



sayuran sehat


  1. Sayur Hijau dan Buah


Supaya makan malam sehat lebih terjamin, wajib menambahkan sayur hijau. Di sini yang paling direkomendasikan berupa bayam. Sayuran satu ini ternyata dapat membantu pembakaran lemak sekaligus mengenyangkan.


Jika mau lebih istimewa, mungkin boleh mencoba menu mie sayur. Nantinya dapat ditambahkan zucchini atau sayur lainnya. Penting memilih sayur dengan kalori rendah karena akan ditambah protein berupa daging ayam.


Selain sayur, tentu tidak lengkap kalau meninggalkan salad buah. Menu satu ini bisa digunakan sebagai dessert menyehatkan. Tapi ingat, karena sudah manis, jangan menambahkan gula atau susu kental manis.


  1. Ikan


Pemilihan ikan sendiri telah menjadi alternatif bagus buat daging ayam dan sapi. Di dalamnya tetap terdapat kandungan protein dan vitaminnya. Selain rasanya enak, ternyata sama-sama tinggi nutrisi.


Salah satu ikan yang paling disarankan yaitu salmon. Memang salmon terkenal cukup mahal sehingga boleh memilih tuna atau makerel. Bila mengonsumsi ikan, maka tidur terasa sangat nyenyak.


  1. Telur


Jika ikan atau daging terasa merepotkan, maka alternatif lanjutannya berupa telur dadar. Karena untuk kesehatan, maka harus diolah dengan sedikit minyak. Tujuannya supaya kandungan protein terjaga.


Bukan hanya proses pengolahan yang harus diperhatikan, melainkan apa saja campuran bahannya. Agar sehat, boleh dicampur dengan bahan lain seperti sayur bayam atau jamur yang mampu menyehatkan mata.


  1. Quinoa


Rekomendasi terakhir yaitu berupa quinoa yang mungkin masih belum terlalu dikenal. Quinoa sendiri berupa biji-bijian yang terkenal baik untuk kesehatan tubuh. Terutama dapat dipakai sebagai makanan utama.


Di dalamnya dapat kita lihat memang terdapat kandungan berupa asam lemak omega serta asam folat. Selain itu dapat dihidangkan menjadi menu nikmat. Tapi supaya maksimal, untuk pengolahannya harus baik.


Umumnya orang sering mencampurkannya dengan dada ayam. Lalu akan dicampur dengan quinoa yang dilunakkan dulu. Hal ini bertujuan supaya mudah dicampurkan sekaligus saat dimakan tidak kesulitan.


Sebenarnya semua pilihan di atas tidak hanya cocok kita konsumsi saat dinner. Melainkan pada jam biasa seperti pagi dan siang juga bisa. Tapi ternyata sangat efektif jika dipakai untuk makan malam sehat.

Posting Komentar untuk "Pilihan Makan Malam Sehat dan Tidak Berbahaya"