Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Penyembuh Luka Tercepat yang Wajib Dicoba

penyembuhan luka



 

Saat kita sedang dalam masa recovery karena kecelakaan atau operasi, sering mencari tentang penyembuh luka tercepat. Wajar saja karena tidak ingin menjadi lebih parah. Apalagi sampai muncul infeksi atau penyakit lain.


Mungkin memang ada obat khusus supaya luka dapat cepat kering dan menghilang. Tapi nyatanya kita tidak mungkin hanya bergantung pada obat tersebut. Terlebih jika terlalu berlebihan, yang ada malah ketagihan.


Trik Penyembuh Luka Tercepat Paling Manjur


Anda tidak perlu hanya mengandalkan obat khusus dalam membuat luka dapat sembuh dengan cepat. Ada tips yang sudah dianjurkan oleh dokter atau ahli. Tentu dijamin lebih aman tanpa efek lain.


  1. Perawatan Pertama


Tips nomor satu yang membuat luka sembuh secara cepat yaitu melakukan perawatan pertama. Terutama kamu sebelumnya wajib mencuci tangan. Tujuannya menghindari terjadinya infeksi meskipun dianggap bersih.


Namanya manusia pasti tidak dapat melihat bakteri atau kuman pada tangan kita. Selanjutnya jika sudah mencuci tangan, maka keringkan dulu. Hal ini dilakukan agar tidak perih saat menyentuh luka.


  1. Stop Pendarahan


Langkah selanjutnya setelah membersihkan tangan yakni menghentikan pendarahan pada luka. Tapi sebelumnya perhatikan dulu besar kecilnya goresan. Jika memang termasuk kecil, biasanya dapat berhenti sendiri.


Luka semacam ini dapat ditutup dengan kapas agar pendarahan dapat terhenti. Perlu kamu tekan sedikit supaya bisa cepat menghentikan pendarahan tersebut. Meskipun ditekan, jangan sampai menyakiti diri sendiri.


Sementara itu jika yang dialami ternyata termasuk besar, tentu sama-sama harus dihentikan pendarahannya. Tapi wajib menggunakan kain yang lebih lebar. Selain itu perlu tekan lebih kencang sedikit.


  1. Kompres Air Hangat


Jika Kompres sendiri gunanya sangat banyak. Terutama jika di sini mampu membuat suhu panas mengalir pada kulit sehingga bisa cepat sembuh.


Kompres air hangat juga tidak perlu terlalu lama dilakukan. Mungkin sekitar 15-30 menit saja sudah cukup. Nantinya dapat kamu ganti jika sudah mulai dingin atau tidak terasa nyaman lagi.


  1. Bersihkan Luka


Trik penyembuh luka tercepat selanjutnya yaitu apabila cepat dibersihkan. Tentu langkah ini hanya dilakukan setelah pendarahan benar-benar berhenti. Maka dari itu jika belum berhenti, jangan dipaksakan.


Nantinya proses pembersihan sendiri memakai kain atau kapas. Agar lebih efektif, beri air garam pada kain dan kapas. Tapi bisa juga memakai obat merah saja agar lebih efektif atau maksimal.


Kita sudah tahu jika yang namanya obat merah ampuh membuat darah cepat kering. Penggunaannya hanya tinggal sebarkan pada area yang berdarah. Tunggu kering lalu tutup memakai plester dengan baik.


  1. Makan Makanan Sehat


Supaya proses penyembuhan tersebut berjalan dengan cepat, disarankan banyak mengonsumsi makanan sehat. Terutama yang mampu menghilangkan rasa perih atau sakit. Penting juga kandungan mengeringkan luka.


Salah satu kandungan yang baik kamu konsumsi yakni protein, vitamin sampai magnesium. Umumnya bisa diperoleh dari buah maupun sayur. Usahakan dimasak dengan sehat seperti sup agar menyegarkan juga.


  1. Oleskan Salep


Disarankan juga supaya lidah buaya pada pengobatan luka. Tentu bukan kamu konsumsi melainkan dioles pada luka. Bisa memakai lidah buaya yang masih segar ataupun gel khusus buatan pabrik.


Meskipun mungkin lidah buaya akan efektif menyembuhkan luka, tapi memang cukup lama. Apalagi masih termasuk sebagai bahan alami. Jadi, untuk alternatif terbaiknya boleh mengoleskan salep khusus.


Bahkan jika dibandingkan, mungkin antara 2-3 kali lebih cepat untuk menyembuhkan. Tapi kamu harus detail memilihnya supaya tidak salah. Usahakan salep harus terhindar dari berbagai bahan kimia berbahaya.


Karena kadang menyakitkan, maka jangan pernah kamu biarkan begitu saja. Sebelumnya sudah dibahas beberapa tips yang mungkin bisa kamu coba. Jadi, semua penyembuh luka tercepat dapat membuat kamu sehat kembali.

Posting Komentar untuk "Tips Penyembuh Luka Tercepat yang Wajib Dicoba"