Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengatasi Tenggorokan Gatal dengan Langkah Sederhana

 

Tips Mengatasi Tenggorokan Gatal dengan Langkah Sederhana 

sakit tenggorokan

 

Tips mengatasi tenggorokan gatal perlu diperhatikan agar rasa sakit tidak bertambah parah. Beberapa langkah sederhana tetap diperlukan saat mengatasi rasa gatal yang menyerang tenggorokan kamu.

Rasa gatal yang menyerang bagian tenggorokan secara umum dapat dirasakan oleh setiap orang. Gejalanya bisa ditandai dengan adanya sensasi gatal yang dirasakan pada bagian tenggorokan.

Rasa gatal yang tidak kunjung sembuh pada diri seseorang dapat berujung pada ketidaknyamanan. Bahkan kondisi tersebut disertai batuk kering yang tidak kunjung berhenti dalam waktu tertentu.

Batuk pada dasarnya merupakan cara dan respon tubuh saat menyingkirkan zat iritan maupun lendir. Sayangnya batuk yang terjadi pada seseorang tidak selalu dapat menghilangkan rasa gatal di tenggorokan.

Tips Mengatasi Tenggorokan Gatal yang Sederhana

Rasa gatal yang kerapkali menyerang tenggorokan tentunya membuat kamu tidak nyaman. Cobalah menerapkan beberapa langkah sederhana di bawah ini agar rasa gatal dapat perlahan menghilang. 

 

air putih

 

  1. Mengonsumsi Air Hangat Secara Perlahan

Salah satu langkah sederhana yang bisa kamu terapkan adalah mengonsumsi air hangat. Mengonsumsi air hangat efektif mengurangi gejala gatal yang menyerang bagian tenggorokan dan membuat tubuh lebih rileks.

Hal ini dikarenakan cairan atau air hangat umumnya membantu membersihkan lendir penyebab rasa gatal. Selain itu suhu yang hangat pada air efektif mengurangi frekuensi batuk saat gatal menyerang.

  1. Berkumur Menggunakan Zat Pembersih Mulut

Tips mengatasi tenggorokan gatal selanjutnya ialah dengan memanfaatkan cairan pembersih mulut. Hal dikarenakan rasa gatal yang terjadi bisa disebabkan oleh kuman atau bakteri di dalam mulut.

Oleh sebab itu berkumurlah dengan memanfaatkan cairan pembersih mulut untuk mencegah adanya iritasi tenggorokan. Kemudian lanjutkan dengan membiasakan diri merawat kebersihan rongga mulut agar tidak menjadi sarang kuman.

  1. Memanfaatkan Obat Antihistamin Sesuai Resep Dokter

Kandungan antihistamin efektif mengurangi adanya reaksi alergi yang terjadi pada tenggorokan. Antihistamin dapat dijadikan obat jika penyebab tenggorokan gatal adalah alergi yang tidak disadari penderita.

Kendati demikian tidak semua penyebab tenggorokan gatal berasal dari alergi. Oleh karena sebelum menggunakan antihistamin tidak ada salahnya kamu melakukan konsultasi dengan dokter agar tidak salah mengambil keputusan.

  1. Memanfaatkan Obat Pereda Radang Tenggorokan

Tips mengatasi tenggorokan gatal yang sederhana selanjutnya yaitu dengan menggunakan obat khusus. Obat pereda radang tenggorokan salah satunya yaitu ibuprofen yang harus disertai dengan resep dokter.

Namun jika kamu telah memastikan penyebab rasa sakit tenggorokan tidak berasal dari radang sebaiknya menggunakan cara lain. Hal ini lantaran beberapa gejala gatal tenggorokan tidak memerlukan obat pereda radang.

  1. Memanfaatkan Obat Pengencer Dahak Lendir

Salah satu faktor yang menyebabkan rasa gatal berlebihan di area tenggorokan adalah lendir. Salah satu tips mengatasi tenggorokan gatal yaitu dengan menggunakan obat pengencer dahak.

Tujuannya agar dahak yang lengket dan mengganggu area tenggorokan dapat keluar dengan lancar. Sebelum mengonsumsi obat pengencer dahak sebaiknya ketahui terlebih dahulu dosis yang tepat.

  1. Membiasakan Diri Tidak Merokok Demi Kesehatan

Salah satu penyebab gatalnya tenggorokan adalah kebiasaan merokok setiap hari. Orang-orang yang menghirup asap rokok juga memiliki potensi lebih tinggi terserang tenggorokan gatal tanpa disadari.

Oleh sebab itu cobalah mengurangi paparan asap rokok pada saat tenggorokan terasa gatal. Hal ini juga dapat dimaksimalkan dengan membiasakan gaya hidup sehat dengan menjauhi rokok demi kesehatan.

Pada dasarnya berbagai langkah sederhana dapat diandalkan agar dapat mengurangi rasa gatal tenggorokan. Tips mengatasi tenggorokan gatal tersebut dengan langkah sederhana tersebut bisa jadi alternatif utama.


 

Posting Komentar untuk "Tips Mengatasi Tenggorokan Gatal dengan Langkah Sederhana "