Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Angin Duduk dan Tips Pengobatan Tanpa Dokter


 

Angin duduk

Masih banyak yang tidak tahu pengertian angin duduk. Padahal salah satu penyakit yang banyak menyerang orang dewasa ini dapat membahayakan nyawa korbannya. Tetapi tenang saja, ada beberapa metode pengobatan yang dapat diambil tanpa harus pergi ke dokter.

Hingga saat ini, pengidap angin duduk masih banyak dan sering kali memakan korban. Tidak bisa disepelekan karena penyakit ini mengincar orang dewasa dengan variasi yang berbeda juga. Beberapa penyakit bawaan juga bisa menjadi alasan mengidap angin duduk.

Misalnya kadar kolestrol yang tinggi dibarengi dengan tekanan darah yang tidak stabil menjadi alasan utama kenapa angin duduk bisa terjadi. Tetapi jika dilihat berdasarkan orang yang mengidapnya, maka secara umum penyakit angin duduk menyerang orang tua.

Angin duduk biasanya berlangsung dalam tempo waktu tertentu, tetapi tidak bisa kita anggap sepele. Penyakit ini belum pasti akan sembuh hanya dengan istirahat saja. Terkadang jika sudah terlalu berat, sebaiknya langsung melakukan tindakan medis dan ke dokter.

Pengertian Angin Duduk Secara Rinci

Jadi, angin duduk adalah sebuah kondisi dimana terjadi gangguan pada saat penyebaran oksigen ke otot jantung. Persebaran oksigen ini dilakukan melalui pasokan darah dan efeknya adalah rasa nyeri di dada akibat terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah.

Penyakit ini bisa disebabkan karena kurangnya aktivitas fisik sehingga pembuluh darah koroner semakin lama semakin sedikit, serta bisa juga terjadi karena kebiasaan buruk orang yang mempengaruhi kesehatan. Jika tidak ditangani, efeknya adalah serangan jantung.

Seseorang yang terkena angin duduk dapat terlihat pucat dengan nafas yang tidak teratur. Keringat yang berlebihan dan berakhir pingsan menjadi diagnosis awal seseorang terserang penyakit angin duduk. Jika dibawa ke dokter, maka akan dilakukan serangkaian cek.

CT Scan pada bagian jantung, X-Ray Dada, hingga pemeriksaan darah akan dilakukan secara detail. Tetapi jika dirasa tidak terlalu berat dan tidak mempengaruhi aktivitas sehari-hari, maka bisa juga dengan melakukan penanganan sendiri asal tetap konsultasi ke dokter.

Belum lagi masalah hipertensi secara otomatis akan mempersempit ruang kerja jantung ke pembuluh darah. Masalah ini sebenarnya harus ditangani dengan serius agar tidak menjadi sebuah penyakit yang berbahaya di kemudian hari karena menyangkut seluruh tubuh.

Tips Pengobatan Angin Duduk Secara Pribadi tanpa ke Dokter

Setelah mengetahui pengertian angin duduk, maka kini kami akan membahas soal bagaimana cara yang benar untuk mengatasi masalah ini. Berkaca dari faktor penyebabnya, ini dapat disebabkan karena kurang beraktivitas atau tidak terbiasa dengan pekerjaan berat.

  1. Selalu Menyediakan Aspirin

Maka dari itu, solusinya adalah dengan tahu kapan harus beristirahat dan selalu sediakan aspirin jika tahu kalau memiliki riwayat penyakit angin duduk. Aspirin akan membantu darah agar mengalir lancar dan jantung dapat bekerja dengan sebagaimana mestinya.

  1. Memulai Pola Makan Sehat

Cara mengatasi angin duduk juga bisa dengan memulai pola makan sehat. Lemak jenuh dan gula menjadi makanan penyebab darah tersumbat sehingga para dokter juga pasti akan menyarankan untuk menghindari mengonsumsi lemak jenuh dan gula secara berlebih.

  1. Rajin Berolahraga

Rajin berolahraga akan membuat diri sendiri jauh dari obesitas, disarankan selama 150 menit per minggu. Batasi konsumsi alkohol dan lebih rajin mengonsumsi air putih adalah cara yang tepat untuk pengobatan ini. Tetapi pastikan kunjungi dokter jika tidak kunjung sembuh.

Siapa juga yang tidak ingin tumbuh sehat tanpa ada penyakit yang membuat diri di kondisi berbahaya. Penyakit tidak mengenal umur, jenis kelamin, serta siapa kamu. Jadi, pastikan dulu kalau kamu mengerti pengertian angin duduk dan bagaimana cara mengatasinya.

Posting Komentar untuk "Pengertian Angin Duduk dan Tips Pengobatan Tanpa Dokter"