Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 5 Tips Pola Hidup Sehat Sangat Mudah Diikuti

olahraga



 

Di masa pendemi covid 19 banyak orang yang sadar pentingnya menerapkan tips pola hidup sehat. Awalnya dilakukan untuk menjaga tubuh tetap fit dan bugar untuk bisa melawan virus corona.

Kesehatan merupakan hal sangat penting untuk dijaga agar tidak menganggu aktivitas sehari-hari kamu. Hal ini juga seolah-olah menjadi tren saat ini, karena tidak sedikit orang akhirnya memutuskan untuk menerapkan pola hidup sehat pada kesehariannya.

Menerapkan pola hidup yang sehat sangat penting dilakukan, hal ini dimaksudkan untuk menjaga tubuh dari serangan bakteri atau virus penyakit. Namun, tidak sedikit juga orang yang menganggap menjaga pola hidup sehat itu susah.

5 Tips Pola Hidup Sehat yang Mudah Dilakukan

Banyak orang mengaku sangat sulit untuk menerapkan pola hidup sehat karena sulit. Apalagi menerapkan gaya hidup yang lebih sehat berarti kamu harus mengubah kebiasaan-kebiasaan dari mulai makanan, asupan nutrisi bahkan berolahraga.

Manfaat dari menjaga pola hidup sehat bagi tubuh kamu sangat baik sekali, untuk mengawalinya tentu saja akan terasa sulit. Tetapi jika semuanya dilakukan secara terus menerus sampai kamu terbiasa sehingga tidak akan ada lagi kata sulit. Berikut ini adalah tips pola hidup sehat yang mudah dilakukan bagi kamu baru memulai.

  1. Tidak Bergadang

Menjaga jam tidur sangat penting untuk membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. Jika kamu terbiasa begadang tidak baik untuk kesehatan. Penelitian menyebutkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan penyakit obesitas dan jantung.

Jika kamu sudah terbiasa begadang dan kesulitan tidur tepat waktu, bisa menggunakan cara tidak meminum kopi saat sore hari, mencoba tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari agar terbiasa, dan tidur dalam keadaan gelap total dan meredupkan lampu rumah beberapa jam sebelum tidur.

  1. Menghindari Stress

Stres dapat disebabkan oleh berbagai hal misalnya masalah pekerjaan, percintaan, atau hubungan keluarga. Stres tersebut bisa menyebabkan kadar kortiso dalam tubuh meningkat dan ini dapat merusak metabolisme tubuh.

Rasa stres dapat dikurangi dengan cara rajin berolahraga, berjalan santai di alam dan juga bermeditasi serta mengatur pernapasan agar diri menjadi lebih tenang.

  1. Hindari Gula dari Minuman Bersoda

Tips pola hidup sehat selanjutnya tidak mengkonsumsi atau mengurangi meminum minuman bersoda dan minuman manis lainnya. Minuman seperti itu tidak mengandung nutrisi apapun dan hanya mengandung gula saja.

Kamu bisa menggantinya dengan memperbanyak mengkosumsi air putih. Minum air putih cukup dapat meningkatkan fungsi otak jadi lebih sehat, lebih mudah berkonsentrasi dan membuat suasana hati menjadi positif.

  1. Makan di Piring atau Mangkuk Kecil

Para Ilmuwan berpendapat bahwa orang yang makan dari mangkuk atau piring besar akan mengonsumsi makanan 56 % lebih banyak daripada seseorang yang mengkonsumsi makanan dari piring atau mangkuk lebih kecil.

Hal ini karena terjadi ilusi sederhana saat seseorang makan di piring lebih kecil dapat membantu menimbulkan rasa puas walaupun mengkonsumsi sedikit makanan.

  1. Olahraga

Tips pola hidup sehat selanjutnya adalah rutin berolahraga. Banyak orang yang salah dengan anggapan berolahraga untuk membentuk badan atau menguruskan tubuh. Padahal kurus atau memiliki badan bagus merupakan bonus saja.

Hal penting yang harus ditanamkan seseorang tentang olahraga adalah aktivitas ini dilakukan dengan tujuan menyehatkan badan bukan untuk menguruskan badan. Olahraga berfungsi untuk memastikan tubuh, otak dan juga hormon berfungsi dengan baik dan optimal.

Selain itu, berolahraga juga sangat penting untuk dilakukan dalam menjaga tubuh agar tetap fit. Apalagi saat ini kita semua masih berada di masa pendemi Covid 19, walaupun kasus infeksi virus sudah semakin melandai di Indonesia tips pola hidup sehat harus tetap dilaksanakan untuk tetap menjaga badan tetap bugar.

Posting Komentar untuk "Inilah 5 Tips Pola Hidup Sehat Sangat Mudah Diikuti"