Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Normal dan Stabil

 

menjaga kadar gula

 

Bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit diabetes, menjaga kadar gula darah adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan agar tetap normal. Adapun penyakit ini tidak dapat disembuhkan, melainkan bisa dikontrol dengan cara menerapkan pola hidup sehat.

Perlu kamu ketahui, kunci dalam menjalani pola hidup sehat guna mengatasi penyakit diabetes yaitu dengan cara mengontrol kadar gula darah. Ada banyak cara yang tentunya bisa kamu lakukan supaya kadar gula darah tetap stabil.

Cara Menjaga Kadar Gula Darah

Kami akan membahas seputar hal-hal penting yang berkaitan dengan tips mengontrol kadar gula darah serta cara menjaga pola makan yang baik dan benar. Bagi kamu para penderita diabetes, berikut ini beberapa tips dalam mengontrol kadar gula darah bagi penderita diabetes, diantaranya yaitu:

  1. Kurangi Konsumsi Makanan dengan Karbohidrat Tinggi

Orang dengan riwayat penyakit diabetes atau gula darah tinggi harus beralih ke diet rendah karbohidrat atau mengurangi dan membatasi asupan karbohidrat. Hal ini karena karbohidrat seperti nasi dapat dipecah menjadi gula sederhana di dalam tubuh, yang dapat meningkatkan kadar gula.

Dengan cara ini, bukan berarti kamu tidak boleh makan karbohidrat seperti nasi, itu hanya berarti kamu harus memakannya dalam porsi yang minim atau sedikit, jangan berlebihan.

  1. Kurangi Konsumsi Makanan/Minuman dengan Kadar Gula Tinggi

Banyak mengkonsumsi makanan siap saji yang tinggi gula, seperti permen, kue, dan soda juga menjadi pemicu tingginya kadar gula darah. Untuk melakukan tips ini, coba gunakan gula khusus diabetes sebagai pengganti gula sehari-hari, atau pemanis yang dirancang khusus untuk orang yang menderita diabetes.

  1. Rajin Olahraga

Bukan hanya menjaga berat badan, dengan berolahraga juga memengaruhi kadar gula darah. Olahraga teratur dapat membantu menjaga kadar gula darah dan mengurangi risiko lonjakan kadar gula darah.

  1. Banyak Konsumsi Makanan Berserat

Makanan berserat juga bisa membantu mengontrol kadar gula darah. Selain itu, juga bisa membuat kamu merasa lebih cepat kenyang, sehingga porsi makan lebih teratur dan terjaga.

  1. Banyak Minum Air Putih

Kamu juga perlu menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Jangan minum minuman bersoda atau minuman manis ketika sedang haus, melainkan perbanyak minum air putih. Dengan minum air putih yang cukup setiap harinya, ini dapat menjaga kadar gula darah.

Bagaimana Cara Mengontrol Porsi Makan?

Berikut ini cara dalam mengontrol porsi makan sehingga kamu dapat menjaga tubuh supaya tidak mudah terjadi lonjakan kadar gula, diantaranya:

  1. Memperhatikan porsi dan kandungan gizi pada makanan

  2. Selalu makan dalam porsi kecil, namun sering sepanjang hari

  3. Hindari makan makanan di restoran All You Can Eat

  4. Periksa komposisi makanan kemasan yang dikonsumsi

  5. Makan secara perlahan agar lambung dapat mencerna dengan baik

Untuk menjaga kadar gula darah agar tetap stabil dengan cara di atas, tentu bukan hanya berlaku bagi orang yang menderita diabetes dan obesitas saja. Bahkan, penderita diabetes dengan berat badan normal juga perlu memperhatikannya.

Saat kamu melakukan pengujian diabetes atau kadar gula darah secara mandiri atau di laboratorium, kamu akan mendapatkan hasil kadar gula darah yang biasanya dinyatakan dalam satuan mg/dL.

Kadar gula darah juga diklasifikasikan ke dalam tingkat yang berbeda: rendah, normal, pra-diabetes, dan lainnya. Jika nilai terukur adalah 80-100mg/dl, maka dapat diklasifikasikan sebagai normal, dan bila diukur 2-3 jam setelah makan maka bisa mencapai < 140mg/dl.

Pembahasan mengenai tips mengatur kadar gula darah di atas, diharapkan dapat menjadi motivasi bagi para penderita diabetes untuk selalu memperhatikan kesehatan tubuh terutama menjaga kadar gula darah dengan pola hidup sehat.

Posting Komentar untuk "Tips Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Normal dan Stabil"