Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Efektif Menghindari Penularan Covid-19 agar Tetap Sehat

covid 19



 

COVID-19 adalah wabah penyakit yang sedang mendunia saat ini, untuk menghindari penularan Covid-19 ini sendiri tentunya perlu menaati sejumlah aturan kesehatan. Pemerintah sedang berupaya menangani kasus penyakit yang juga sedang melanda Indonesia ini.

Diantaranya dengan cara memberlakuan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), merilis kebijakan baru di wilayah Jawa-Bali yang disebut PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat).

Dalam melaksanakan kebijakan PPKM, masyarakat dituntut untuk tidak keluar rumah dalam waktu yang telah ditentukan. Sebagian besar perkantoran atau perusahaan juga sudah memberlakukan kerja dari rumah alias WFH (Work from Home) dan membatasi para pekerja untuk beraktivitas di kantor.

Mengenal Apa Itu Covid-19

COVID19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus SARSCoV2. Covid-19 dapat menyebabkan berbagai penyakit pernapasan dengan gejala ringan seperti flu hingga mengakibatkan infeksi serius pada paru-paru seperti pneumonia.

COVID19 (coronavirus disease 2019) adalah jenis penyakit baru yang diakibatkan oleh serangan virus dari kelompok coronavirus atau SARSCoV2, sering disebut juga sebagai virus corona.

Adapun kasus pertama virus ini muncul yaitu terjadi di Kota Wuhan, China pada akhir Desember 2019 silam. Kemudian, penyakit ini menyebar sangat cepat di antara orang-orang dan hanya dalam waktu beberapa bulan juga menyebar ke Indonesia dan negara lainnya.

Untuk menghindari penularan Covid-19 lebih lanjut, beberapa negara telah memberlakukan kebijakan baru yaitu Lockdown Area. Di Indonesia, pemerintah telah menerapkan kebijakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk menahan penyebaran virus berbahaya ini.

Perlu kamu ketahui, penyakit ini bisa menginfeksi siapa saja, namun efeknya cenderung fatal jika menyerang orang dengan daya tahan tubuh yang lemah, seperti para lansia, bumil, hingga orang dengan kondisi medis tertentu, dan khususnya penderita kanker.

Cara Menghindari Penularan Covid-19 dengan Tepat

Berikut ini beberapa tips untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari penularan Covid-19, diantaranya:

  1. Selalu Gunakan Masker

Apakah kamu selalu mengenakan masker saat berpergian keluar rumah? Disarankan untuk selalu menggunakan masker untuk mencegah penyebaran Covid-19. Masker dapat membantu mencegah penularan virus Covid-19 yang dapat menyebar melalui udara.

  1. Rajin Mencuci Tangan

Mencuci tangan secara rutin dan benar selama kurang lebih 20 detik dengan sabun dan air akan membantu membunuh virus dan kuman di tangan kamu. Jika sabun dan air tidak tersedia, kamu dapat menggunakan cairan yang mengandung alkohol minimal 60% yakni handsanitizer.

  1. Bersihkan Permukaan yang Seringkali Disentuh

Permukaan yang seringkali kamu sentuh seperti gagang pintu, meja, perangkat elektronik (HP, Laptop, dan keyboard) adalah tempat yang potensial bagi virus untuk menempel. Oleh karena itu, kamu harus rutin membersihkannya dengan produk pembersih guna menghindari penularan Covid-19.

  1. Hindari Penggunaan Alat Pribadi Bersama

Mulai sekarang, sebaiknya gunakan alat pribadi seperti sendok garpu, peralatan makan, dan handuk secara pribadi untuk mencegah infeksi Covid-19. Kamu harus menghindari penggunaan secara bersama dengan orang lain karena hal ini dapat menyebarkan virus ke orang-orang di sekitar tanpa disadari.

  1. Hindari Kontak Fisik

Menjaga jarak minimal 2 meter dari orang lain membantu menghindari penularan Covid-19 melalui kontak fisik. Selalu ikuti protokol kesehatan kamu dan ingatkan orang-orang di sekitar kamu.

Meski bertemu dengan rekan kerja atau teman, sebaiknya hindari berjabat tangan sebagai langkah pencegahan penyebaran Covid-19. Menjaga kesehatan dengan optimal akan menjauhkan diri dari virus berbahaya ini.

Pembahasan mengenai cara menghindari penularan di atas, diharapkan dapat mengedukasi pembaca agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan untuk menghindari penularan Covid-19 yang berbahaya ini.

Posting Komentar untuk "Cara Efektif Menghindari Penularan Covid-19 agar Tetap Sehat"