Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengetahui Tips Mengatasi Alergi Obat dengan Efektif

 

Alergi obat

 

Bagi kamu yang bingung mengatasi alergi obat, jangan khawatir, pada artikel ini kami akan membahas seputar cara untuk mencegah timbulnya alergi terhadap obat. Dimana alergi obat ini juga bisa menimbulkan berbagai macam gejala, baik gejala ringan hingga berat.

Maka dari itu, kamu perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi alergi terhadap obat ini dengan tepat supaya gejala yang kerap kali muncul dapat segera diatasi dengan baik. Umumnya, setiap obat tentu mempunyai efek sampingnya masing-masing terhadap tubuh.

Ya, salah satunya adalah memicu reaksi alergi, sebagian orang dengan riwayat alergi obat, biasanya memiliki gejala ketika mengkonsumsi suatu obat hanya dalam beberapa jam setelah penggunaan obat tersebut.

Bagaimana Gejala Alergi Obat yang Dirasakan?

Gejala alergi obat yang seringkali muncul bisa saja berbeda-beda. Untuk reaksi alergi obat ringan, gejala mungkin termasuk ruam kulit dan gatal-gatal, pembengkakan pada bagian bibir dan wajah, muntah-muntah, perut yang sakit, dan juga diare.

Akan tetapi, reaksi alergi obat ini memang kerap terjadi dan dapat menimbulkan gejala serius seperti tubuh lemah, sesak napas, hingga pingsan. Adapun kondisi seperti itu disebut syok anafilaktik. Dalam beberapa kasus, reaksi alergi terhadap obat ini juga bisa mengakibatkan kondisi sindrom Stevens-Johnson atau nekrolisis epidermal toksik.

Jika kamu alergi obat, cara mengatasi alergi obat dengan memastikan selalu mencatat berbagai jenis obat yang membuat kamu alergi. Tujuannya adalah untuk memberitahu dokter mengenai riwayat alergi obat yang kamu derita sebelum kamu mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

Apabila kamu tidak yakin obat mana yang dapat memicu reaksi alergi, kamu juga bisa menemui dokter langsung. Untuk menentukan apa yang menyebabkan alergi, dokter akan menyarankan kamu untuk melakukan tes alergi.

Cara Mengatasi Alergi Obat dengan Tepat

Alergi terhadap obat dapat diatasi dengan beberapa cara yang tepat. Berikut ini tips dalam menghindari alergi obat yang perlu kamu ketahui, diantaranya yaitu:

  1. Menghentikan Konsumsi Obat Pemicu Alergi

Hentikan penggunaan segera setelah obat alergi diketahui dan hindari penggunaan kembali di masa mendatang. Jika kamu tidak yakin obat mana yang memicu alergi obat, ingat dan tuliskan semua obat dan suplemen, termasuk obat herbal, dalam rentang waktu sekitar 24-48 jam terakhir.

Jika sudah kamu lakukan, segera temui dokter dan berikan catatan obat tersebut agar ia dapat membantu menentukan obat mana yang menyebabkan reaksi alergi di tubuh kamu.

  1. Jika Alergi Gatal, Oles Krim Hidrokortison (Steroid)

Gatal dan kemerahan pada kulit adalah salah satu contoh umum dari alergi obat. Ini dapat diobati secara topikal dengan salep atau krim hidrokortison. Kortikosteroid steroid jenis ini memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-alergi.

Krim hidrokortison tidak hanya efektif untuk pengobatan dermatitis alergi, tetapi juga cocok untuk mengobati eksim, peradangan, dan infeksi kulit lainnya.

  1. Minum Obat Pereda Alergi

Cara efektif lainnya untuk mengatasi alergi obat adalah dengan segera meminum obat anti alergi. Langkah ini juga dapat mengekang perkembangan reaksi alergi yang lebih serius.

Obat-obat tersebut diantaranya yaitu antihistamin (chlorpheniramine, diphenhydramine, loratadine, cetirizine). Cara kerja Antihistamin adalah menghalangi sistem antibodi yang aktif dalam tubuh saat gejala alergi menyerang.

  1. Suntik Epinefrin Sesuai Dosis dari Dokter

Untuk mengatasi alergi obat yang parah, seperti sesak napas, jantung berdebar dan melemah, gatal parah, atau pembengkakan, hingga mengalami pingsan, pengobatan yang diperlukan adalah menyuntikkan epinefrin segera sesuai arahan dokter.

  1. Mandi Air Hangat dan Kompres Dingin

Selain itu, untuk permasalahan seperti kulit gatal atau pembengkakan akibat alergi obat, mandi air hangat menjadi salah satu cara meredakan rasa gatal pada kulit. Sebagai alternatif, kamu juga bisa mengoleskan es ke area kulit yang gatal atau bengkak.

Itulah pembahasan mengenai cara mengatasi alergi terhadap obat, diharapkan dapat menambah informasi dan wawasan bagi para pembaca dalam mengatasi alergi obat supaya dapat melakukan tindakan preventif lebih baik kala alergi kambuh.

Posting Komentar untuk "Mengetahui Tips Mengatasi Alergi Obat dengan Efektif "